Menteri BUMN fokuskan CSR untuk tiga program

id BUMN

Menteri BUMN fokuskan CSR untuk tiga program

Menteri BUMN Erick Thohir (Antara/Mulyana)

Serang (ANTARA) - Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, pihaknya mulai tahun depan akan melakukan revisi terhadap Corporate Social Responsibility (CSR) dari perusahaan BUMN yang akan difokuskan pada tiga program yakni edukasi, lingkungan dan UMKM.

"CSR BUMN akan kita revisi total mulai tahun depan. Kenapa, kita tidak mau CSR BUMN terlalu banyak akhirnya kecil-kecil," kata Menteri BUMN Erick Thohir saat berdiskusi dengan puluhan wartawan di Banten usai bersilaturahmi dengan tokoh Banten yang juga Ketua PB Mathlaul Anwar KH Embay Mulya Syarif di Serang, Jumat.

Erik mengatakan, pihaknya mendorong perusahaan BUMN untuk menyalurkan CSR-nya pada tiga program yakni edulasi atau bidang pendidikan, lingkungan hidup seperti menanam pohon mangtove dan ke tiga program pembinaan UMKM di daerah-daerah.

Ia juga mengatakan, perusahaan BUMN harus mampu memiliki program yang bisa membuka peluang lapangan pekerjaan atau 'job creation' bagi masyarakat yang ada di daerahnya. Ia mencontohkan perusahaan yang merupakan bagian PT Pertamina yakni PertaShop yang berjumlah 10 ribu unit, maka jika satu unit pertashop mempekerjakan enam orang maka pekerja yang terserap seudah 60 ribu orang.

"Contoh lain 'Mekaar' ada 5,2 juta ibu-ibu. Kalau satu orang ibu-ibu mempekerjakan satu orang maka ada tambahan 5,2 juta orang. Bukan BUMNnya menambah orang, karena takutnya gak muat akhirnya BUMN gak efisien," kata Erick Thohir.

"Jadi program yang memang 'job creation' dan juga program mem-push ekonomi UMKM tadi," katanya menambahkan.

Dalam kesempatan tersebut, Erick juga menyampaikan rencananya ingin membangun 'Krakatau Park' di sekitar pelabuhan Bakauheni Lampung, seiring dengan pembangunan jalan tol lintas Sumatera yang akan meningkatkan kunjungan wisatawan di daerah tersebut terutama wisatawan lokal.

"Dengan selesainya tol Lampung sampai Sumsel, maka terjadi peningkatan penumpang sekitar 40 persen dari Jawa ke Sumatera dan sebalinya, Maka dengan demikian, Bakauheni ini akan menjadi tempat transit para wisawatan lokal yang jumlahnya kunjungannya sebelum COVID-19 mencapai 78 persen dan 22 persen turis asing," kata Erick.

Maka dengan melihat potensi tersebut, ia ingin menginisiasi pembangunan 'Karakatau Park' di sekitar Bakauheni dengan memanfaatkan lahan BUMN dan infrastrukturnya disiapkan oleh pihak swasta. Sehingga dengan adanya tempat wisata tersebut nantinya akan menghidupi masyarakat sekitar.