Jokowi menyapa gunakan ucapan khas Papua pada pembukaan PON XX

id PON Papua

Jokowi menyapa gunakan ucapan khas Papua pada pembukaan PON XX

Presiden Joko Widodo bersiap memberikan sambutan sekaligus membuka secara resmi PON Papua di Stadion Lukas Enembe, Kompleks Olahraga Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua, Sabtu (2/10/2021). ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/wsj.

Jayapura (ANTARA) -
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyapa masyarakat menggunakan tiga ucapan khas Papua pada pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Stadion Lukas Enembe, Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura, Sabtu.

 

"Huwe foi, onomi rehmay, wa wa wa, salam olahraga," kata Presiden Jokowi dalam sambutan pembukaannya di Stadion Lukas Enembe Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura.

 

Dari pantauan Antara di lapangan, usai menyebutkan ketiga ucapan khas Papua tersebut, Presiden Jokowi disambut riuh senang dari penonton di tribun.

 

Pasalnya, ketiga ucapan khas Papua tersebut memang sering diucapkan oleh masyarakat yang tinggal di wilayah timur Indonesia.

 

Huwe foi dan onomi rehmay sendiri berasal dari bahasa Sentani yang bisa dimaknai ucapan selamat malam, selamat datang dan Tuhan Memberkati.

 

Sedangkan kalimat "wa wa wa" sendiri biasa digunakan untuk membuka atau menutup pembicaraan bagi masyarakat di wilayah pegunungan Papua.

 

Tokoh Pemuda Papua Otniel Deda kepada Antara di Jayapura, Sabtu, mengatakan dirinya mengapresiasi dan bangga atas sapaan dari Presiden Jokowi tersebut.

 

"Saya bangga bahwa Presiden Joko Widodo bisa menyapa dengan salah satu bahasa kami yakni Bahasa Sentani dari Kabupaten Jayapura," katanya.

 

Dia menambahkan pihaknya berharap ke depan makin banyak orang yang bisa paham dan mengerti bahasa khas dari Papua.