Chelsea di puncak klasemen Liga Inggris, usai kalahkan Southampton 3-1

id Chelsea,Southampton,Liga Premier Inggris,Liga Inggris

Chelsea di puncak klasemen Liga Inggris, usai kalahkan Southampton 3-1

Pemain Chelsea Timo Werner merayakan gol kedua sebelum dianulir melalui VAR pada laga Liga Inggris melawan Southampton di Stamford Bridge, London, Inggris (2/10/2021). ANTARA FOTO/Action Images via Reuters/Paul Childs/aww. 

Jakarta (ANTARA) - Chelsea berada di puncak klasemen sementara setelah mengalahkan 10 pemain Southampton dengan skor 3-1 dalam pertandingan pekan ketujuh Liga Inggris di Stamford Bridge, Sabtu.

The Blues bermain dominan sepanjang pertandingan dengan mencatatkan penguasaan bola sebesar 62 persen dibandingkan Southampton dengan 38 persen, demikian catatan laman resmi Liga Premier Inggris..

Tiga gol Chelsea dicetak oleh Trevor Chalobah, Timo Werner dan Ben Chilwell. Sedangkan satu-satunya gol tim tamu dicetak oleh James Ward-Prowse.

Ward-Prowse kemudian justru menjadi pemain yang diusir wasit akibat mendapatkan kartu merah.

Tuan rumah membuka peluang ketika laga baru berjalan lima menit. Umpan terobosan Cesar Azpilicueta dari sisi kanan bisa disambar Timo Wener yang menusuk ke kotak penalti. Namun, bola masih bisa ditepis Alex McCarthy.

Empat menit berselang, Chelsea mampu memecah kebuntuan melalui sundulan Trevor Chaloba di tiang jauh setelah menerima umpan Ruben Loftus-Cheek. Skor 1-0 untuk tuan rumah.

Baru tertinggal satu gol, Southampton memberikan perlawanan sengit ke Chelsea demi mendapatkan gol penyeimbang.

Pada menit ke-21, Adam Amstrong mencoba mengancam lewat sepakan dari luar kotak penalti. Namun, usahanya ini masih bisa diamankan kiper Chelsea Eduoard Mendy.

Pada menit ke-32, giliran Chelsea yang menebar ancaman lewat tembakan jarak jauh Loftus-Cheek. Sayangnya, bola masih terlalu melebar dari gawang.

McCarthy membuat penyelamatan brilian pada menit ke-25. Dia dapat menghalau sepakan bek sayap Chelsea Ben Chilwell yang menusuk ke kotak penalti.

Chelsea hampir menambahkan keunggulan pada menit ke-35. Romelu Lukaku dengan baik menuntaskan umpan Antonio Ruediger yang menusuk hingga depan kotak penalti. Namun, gol ini dianulir karena Lukaku sudah dalam posisi offside.

The Blues kembali gagal mencetak gol kedua pada menit ke-40 setelah gol Timo Werner dianulir wasit karena Azpilicueta terlebih dahulu melakukan pelanggaran kepada Kyle Walker-Peters.

Skor 1-0 untuk Chelsea bertahan hingga turun minum.

Selepas jeda, Chelsea tetap menguasai jalanannya pertandingan. Namun, sebuah kesalahan oleh Chilwell membuat Southampton mencetak gol penyeimbang pada menit ke-61.

Chilwell melakukan pelanggaran kepada Valentino Livramento yang menusuk ke kotak penalti dan wasit menunjuk titik putih.

James Ward-Prowse mengeksekusi penalti dengan baik. Dia mengarahkan bola ke kanan gawang Chelsea mengecoh Mendy dan membuat skor menjadi imbang 1-1.

Pada menit ke-77, wasit Martin Atkinson memberikan kartu merah langsung ke Ward-Prowse setelah meninjau VAR karena dianggap melakukan tekel yang berbahaya kepada Jorginho.

Unggul jumlah pemain, Chelsea langsung mengurung lini pertahanan dan berbuah gol kedua pada menit ke-84.

Umpan Ross Barkley dari lini tengah menuju Azpilicueta yang sudah masuk kotak penalti dari sisi kanan. Dia kemudian memberikan umpan ke depan gawang yang disambar Werner menjadi gol kedua Chelsea.

Lima menit berselang Chelsea bisa menambah gol tendangan voli Chilwell yang memanfaatkan kemelut di depan gawang Southampton. Bola sebenarnya bisa ditahan McCarthy, tetapi wasit menyatakan sudah melewati garis gawang.

Chelsea mengakhiri laga dengan kemenangan 3-1.

Kemenangan ini membawa skuad asuhan Thomas Tuchel tersebut naik puncak klasemen sementara dengan 16 poin, unggul dua poin dari Liverpool di posisi kedua.

Sementara itu, Southampton berada di posisi ke-17 setelah hanya mengumpulkan empat poin.

Susunan Pemain:

Chelsea (3-4-2): Edouard Mendy; Cesar Azpilicueta, Thiago Silva, Antonio Rudiger; Callum Hudson-Odoi (Mason Mount 65'), Ruben Loftus-Cheek (Ross Barkley83'), Trevoh Chalobah, Mateo Kovacic (Jorginho 73'), Ben Chilwell; Romelu Lukaku, Timo Werner.

Southampton (4-4-2): Alex McCarthy; Valentino Livramento, Jan Bednarek, Mohammed Salisu, Kyle Walker-Peters; Theo Walcott (Ibrahima Diallo 46'), Oriol Romeu, James Ward-Prowse, Nathan Tella (Moussa Djenepo 73'); Nathan Redmond (Mohamed Elyounoussi 87'), Adam Armstrong.