Pj Wali Kota Palu Harap Pilkada Tertib

id lamakarate

Pj Wali Kota Palu Harap Pilkada Tertib

Moh. Hidayat Lamakarate (ist)

Kita berharap pilkada ini dapat berjalan tertib, aman dan lancar
Palu,  (antarasulteng.com) - Penjabat Wali Kota Palu, Sulawesi Tengah, Moh. Hidayat Lamakarate berharap pemilihan umum kepala daerah di kota ini berjalan tertib dan aman hingga wali kota/wakil ali kota definitif ditetapkan.

"Kita berharap pilkada ini dapat berjalan tertib, aman dan lancar," kata Hidayat Lamakarate, Rabu.

Hidayat menyebutkan tertib dan aman menandakan bahwa masyarakat mulai dewasa dalam berdemokrasi.

Karena itu masyarakat tidak boleh terjebak pada isu-isu yang tidak jelas sumbernya yang dapat memancing amarah.

Dia mengatakan, fanatik terhadap sesuatu atau satu pasangan calon merupakan hal yang wajar terjadi bahkan hal itu merupakan bagian dari kebebasan masyarakat dalam menentukan pilihan dan dukungan.

Namun, fanatik yang berlebihan, tidak harus mempengaruhi orang lain, serta menimbulkan keributan yang dapat mengganggu aktivitas kelompok masyarakat lainnya.

"Tidak masalah jika fanatik terhadap suatu kandidat calon wali kota, tetapi fanatik tersebut harus dikontrol sehingga tidak menimbulkan hal-hal negatif," ujarnya.

Ia juga mengingatkan kepada pendukung pasangan calon wali kota dan wakil wali kota yang meraih kemenangan berdasarkan hitung cepat, untuk turut serta terlibat menjaga keamanan daerah.

Kepada semua pasangan calon diharapkan dapat menenangkan pendukungnya dan menerima hasil dari kinerja masing-masing dengan lapang dada.

Dirinya juga meminta kepada pihak kepolisian untuk terlibat secara aktif dalam melakukan pengawasan dan pengawalan jalannya pilkada Kota Palu untuk mewujudkan keamanan di daerah tersebut.

"Kepada pendukung dan simpatisan pasangan calon, calon dan pihak kepolisian diharapkan dapat membangun komunikasi yang baik, untuk mewujudkan keamanan di kota ini," ujarnya.