Dubes RI - Menteri Kebudayaan Thailand bahas penguatan kerjasama

id dubes RI untuk Thailand Rachmat Budiman,kerja sama budaya Indonesia Thailand

Dubes RI - Menteri Kebudayaan Thailand bahas penguatan kerjasama

Duta Besar RI untuk Thailand Rachmat Budiman (kiri) bertemu dengan Menteri Kebudayaan ThailandĀ Itthipol Kunplome (kanan) di Bangkok pada Rabu (6/10/2021). (ANTARA/HO-KBRI Bangkok)

Jakarta (ANTARA) - Duta Besar RI untuk Thailand Rachmat Budiman bertemu dengan Menteri Kebudayaan Thailand Itthipol Kunplome untuk membahas penguatan kerja sama budaya kedua negara.

Menurut Dubes RI, budaya telah terbukti menjadi media terbaik untuk meningkatkan hubungan antarmasyarakat (people-to-people contact) kedua negara yang telah terjalin sebelum Indonesia merdeka, bahkan sejak masa Kerajaan Sriwijaya dan kerajaan lama Thailand.

“Sampai saat ini media budaya menjadi jembatan yang menumbuhkan saling pengertian antara kedua bangsa,” kata Dubes Rachmat seperti disampaikan dalam keterangan tertulis KBRI Bangkok, Kamis.

Dalam pertemuan yang berlangsung di Kantor Menteri Kebudayaan di Bangkok pada Rabu (6/10), Dubes Rachmat dan Menteri Itthipol membahas berbagai kerja sama kebudayaan yang telah berlangsung dengan baik selama ini.
 

Keduanya juga membahas mengenai peluang yang perlu dimanfaatkan untuk memperkuat kerja sama melalui prakarsa baru dengan memanfaatkan kreativitas yang berkembang di masing-masing negara.

Menteri Itthipol menyampaikan bahwa Thailand dan Indonesia memiliki banyak modalitas dan potensi yang dapat terus dieksplorasi untuk lebih mendekatkan persahabatan dan kerja sama antarkedua negara.

Kemiripan berbagai aspek kebudayaan yang dimiliki oleh Indonesia dan Thailand menjadi modal yang sangat baik bagi kerja sama di bidang kebudayaan.

Kolaborasi antara Indonesia dan Thailand yang telah berlangsung selama ini, termasuk kesuksesan pertunjukan sendratari Ramayana Two Nations One Dance yang dilaksanakan pada September 2020, merupakan salah satu simbol eratnya persahabatan antarkedua bangsa.

Selain membahas kerja sama di bidang kebudayaan, khususnya bidang seni budaya, pada pertemuan tersebut juga dibahas mengenai kerja sama di bidang pendidikan khususnya pertukaran pelajar melalui program beasiswa.
 

Dalam hal ini, Dubes Rachmat secara khusus menyampaikan bahwa pemerintah Indonesia secara rutin telah memberikan beasiswa seperti Darmasiswa dan Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia yang selama ini mendapatkan sambutan baik dari generasi muda Thailand.

Menteri Itthipol menyampaikan apresiasi atas pemberian beasiswa bagi pelajar dan mahasiswa Thailand yang diyakininya akan berkontribusi bagi penguatan hubungan dan kerja sama antarkedua negara di masa mendatang.

Menteri Itthipol mengatakan bahwa pemerintah Thailand juga secara rutin memberikan beasiswa kepada pelajar dan mahasiswa dari negara-negara Asia Tenggara, yang tentunya juga dimanfaatkan oleh pelajar dan mahasiswa Indonesia.

Dalam hal kerja sama pendidikan, juga dibahas mengenai berbagai program beasiswa melalui skema university-to-university dan kerja sama antara organisasi kemasyarakatan di kedua negara.

Mengakhiri diskusi, Dubes RI menyambut baik dukungan Menteri Itthipol atas rencana KBRI Bangkok untuk melaksanakan Trade, Tourism, Investment, & Cultural Forum (TTIC) pada 16-18 September 2022.
 

Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2021