Pemerintah Kota Palu minta PWRI dukung pelaksanaan vaksinasi pada warga lansia

id vaksinasi palu,pwri palu,vaksinasi covid

Pemerintah Kota Palu  minta PWRI dukung pelaksanaan vaksinasi pada warga lansia

Suasana perayaan HUT ke-59 Persatuan Wredatama Republik Indonesia (PWRI) di ruang rapat Sekretariat Daerah Pemerintah Kota Palu, Sulawesi Tengah, Kamis (7/10/2021). (ANTARA/Moh Ridwan)

Palu (ANTARA) -
Pemerintah Kota Palu meminta Persatuan Wredatama Republik Indonesia (PWRI) mendukung pelaksanaan vaksinasi COVID-19 pada warga lanjut usia.

"Kiranya ranting-ranting PWRI di delapan kecamatan di Palu bisa dijadikan posko vaksinasi lansia, sekaligus (tempat) mengedukasi masyarakat untuk mau divaksin," kata Sekretaris Daerah Pemerintah Kota Palu Asri saat menghadiri perayaan Hari Ulang Tahun PWRI di Kota Palu, Sulawesi Tengah, Kamis.

Menurut dia, organisasi seperti PWRI bisa mendukung upaya pemerintah mewujudkan kekebalan komunal terhadap COVID-19 dengan menggerakkan warga lanjut usia (lansia) untuk menjalani vaksinasi.

Dengan anggota kurang lebih 14 ribu orang pensiunan pegawai pemerintah yang rata-rata telah berusia lanjut, Asri mengatakan, PWRI dapat membantu menyampaikan penyuluhan mengenai pentingnya vaksinasi COVID-19 kepada warga lansia.

"Kendala Pemkot Palu saat ini mengejar target vaksinasi lansia, harus mencapai angka minimal 60 persen. Tentu, kami butuh dukungan dan kesadaran semua pihak ikut terlibat. Sekiranya vaksinasi lansia dapat di mulai dari anggota PWRI," katanya.

Ia mengatakan bahwa menurut informasi dari tim surveilans, angka kasus COVID-19 harian di Kota Palu sudah turun menjadi rata-rata di bawah 10 kasus.

Menurut Instruksi Menteri Dalam Negeri yang terbaru, Kota Palu sudah masuk wilayah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 2.

Pemerintah Kota Palu berusaha mempercepat peningkatan cakupan vaksinasi supaya bisa segera masuk ke wilayah PPKM Level 1.

"Capaian vaksinasi menjadi salah satu syarat untuk turun ke PPKM level 1. Tentunya untuk masuk ke zona itu Palu harus memenuhi target," demikian Asri.