Ahsan/Daniel kalah lawan ganda putra Taiwan di Piala Thomas

id mohammad ahsan,daniel marthin,piala thomas,bulu tangkis,badminton

Ahsan/Daniel kalah lawan ganda putra Taiwan di Piala Thomas

Piala Thomas dan Piala Uber. ANTARA/ddn (.)

Jakarta (ANTARA) - Pasangan teranyar Mohammad Ahsan/Daniel Marthin rupanya belum mampu menyumbang angka kemenangan untuk Skuad Garuda dalam laga penyisihan terakhir Grup A Piala Thomas melawan Taiwan.



Dalam pertandingan yang berlangsung di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Rabu sore WIB itu, Ahsan/Daniel menelan kekalahan rubber game 20-22, 21-17, 21-23 dalam waktu 1 jam 18 menit dari pasangan rangking 22 BWF Lu Ching Yao/Yang Po Han.



Pada gim pertama, terutama di poin-poin pembuka, Ahsan/Daniel mampu memegang kendali permainan. Meski lawannya bisa menyamakan kedudukan, namun Ahsan/Daniel masih bisa bangkit dan membalikkan keunggulan.



Sayangnya setelah menyentuh angka 12-12, pertahanan Ahsan/Daniel mulai goyah. Lu/Yang menemukan celah untuk mencuri banyak angka. Mereka pun berbalik unggul, sedangkan Ahsan/Daniel terus menempel ketat.



Kejar-kejaran skor itu terus terjadi hingga match point 20-20. Namun dua smes terakhir yang dilayangkan sang lawan tak mampu ditepis oleh duet anyar tersebut. Ahsan/Daniel takluk 20-22.



Masuk gim kedua, persaingan ketat kembali terjadi. Kali ini, Ahsan/Daniel lebih menguatkan pertahanan dan lebih banyak menyerang. Usaha mereka pun berhasil. Meski terus mendapat perlawanan, namun mereka mampu merebut gim kedua dengan skor 21-17.



Pada gim penentu, kedua pasangan itu sama-sama bermain agresif dan ngotot. Mereka berdua pun saling bergantian memimpin jalannya pertandingan. Ahsan/Daniel dan Lu/Yang sama kuat, bahkan kembali menyentuh match point 20-20.



Tapi pada poin-poin kritis, Ahsan/Daniel terlambat mengembalikan bola dari lawannya, sehingga mereka kembali menelan kekalahan 21-23.



Dengan hasil tersebut, maka kedudukan Indonesia saat ini kembali imbang sementara 2-2 dengan Taiwan.



Sebelumnya pada partai pembuka, tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting menyumbang angka kemenangan pertama setelah menundukkan Chou Tien Chen dalam dua gim langsung dengan skor 22-20, 21-16.



Sayangnya, nasib berbeda dialami oleh ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang terpaksa menelan kekalahan usai bertarung melawan pasangan peraih medali emas Olimpiade Tokyo Lee Yang/Wang Chi-Lin dalam tiga gim dengan skor 26-28, 21-16, 14-21.



Skuad Garuda kemudian berbalik unggul 2-1 berkat kemenangan tunggal putra Jonatan Christie 21-17, 21-13 atas Wang Tzu Wei di partai ketiga.



Setelah duet anyar Ahsan/Daniel, Indonesia masih menyisakan satu wakil yang akan memainkan partai terakhir, yakni tunggal putra Shesar Hiren Rhustavito melawan Chi Yu Jen.