Pemkot Palu harapkan RS Anutapura beri pelayanan terbaik masyarakat

id RS Anutapura, Pemkotpalu, walikotapalu, Hadianto Rasyid, sulteng

Pemkot Palu  harapkan RS Anutapura beri pelayanan terbaik masyarakat

Wali Kota Palu Hadianto Rasyid (tengah) menghadiri lokakarya penyusunan standar pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Palu, Jumat (15/10/2021). ANTARA/HO-Humas Pemkot Palu

Palu (ANTARA) -
Pemerintah Kota Palu, Sulawesi Tengah mengharapkan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Anutapura mampu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat yang datang berobat.
 
"Masyarakat perlu terlayani dengan baik ketika datang berobat, karena kesehatan merupakan salah satu hak dasar terpenuhi bagi setiap orang," kata Wali Kota Palu Hadianto Rasyid dalam kegiatan lokakarya standar pelayanan RSUD Anutapura, di Palu, Jumat.
 
Dia menjelaskan kehadiran pemerintah memberikan layanan kesehatan yang optimal bagian dari tanggung jawab untuk menyejahterakan warga.
 
Oleh karena itu, dalam rangka mendukung optimalisasi tersebut maka dibarengi dengan standar pelayanan, mulai dari registrasi hingga proses rawat inap. Pemberlakuan standar pelayanan bertujuan, sebagai tolak ukur untuk dipergunakan sebagai penyelenggaraan pelayanan, sekaligus menjadi acuan dalam penilaian kualitas pelayanan cepat, mudah, terjangkau dan terukur.
 
"Tentunya prinsip-prinsip dasarnya harus terpenuhi yakni sederhana, konsisten, partisipasi, akuntabel, berkesinambungan, transparan dan berkeadilan," ujar Hadianto.
 
Ia berpesan, pemberian pelayanan yang baik kepada masyarakat harus sejalan dengan upaya rumah sakit memberikan kenyamanan kepada petugas medis dan dokternya.
 
"Kalau kita menuntut seseorang memberikan pelayanan yang baik, maka kita harus memberikan kenyamanan kepada perangkat di dalamnya, pihak rumah sakit perlu mencari seperti apa formulanya," ucap dia.
 
Ia menambahkan otoritas rumah sakit jangan hanya berpikir bagaimana menuntut petugas medis dan dokter bekerja optimal memberikan pelayanan yang baik, sedangkan hak mereka tidak dipenuhi dengan baik.
 
"Ini yang dinamakan berkesinambungan, artinya masyarakat terlayani dengan baik, di sisi lain komponen di dalamnya juga harus terpenuhi hak mereka," ujar dia.
 
Pelaksana Tugas Direktur RSUD Anutapura Palu dr Hery Mulyadi menyatakan lokakarya ini sebagai upaya meningkatkan kualitas standar pelayanan rumah sakit.
 
"Harapannya, standar pelayanan ini dapat meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat supaya orang datang berobat mudah mengakses dan nyaman," kata dia.
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2021