BMKG: Hampir seluruh wilayah di Sulteng diguyur hujan lebat

id Cuaca ,sulteng

BMKG:  Hampir seluruh wilayah di Sulteng diguyur hujan lebat

Ilustrasi - Matahari tenggelam di pantai Donggala, Sulawesi Tengah. ANTARA/Kristina Natalia

Palu (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Palu memprakirakan hampir seluruh wilayah di Sulawesi Tengah masih diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai angin kencang.

"Hampir semua wilayah di Sulteng diprakirakan masih akan diguyur hujan," kata Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Palu Nur Alim di Palu, Jumat.

Daerah yang berpotensi diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat tersebut, yakni Kabupaten Sigi, Parigi Moutong, Poso, Banggai, Morowali Utara, Morowali, dan Toli toli.

Ia mengatakan hujan diprakirakan turun pada siang dan malam hari.

"Ia biasa itu turunnya hujan siang dan malam sampai dini hari," tuturnya.

Ia mengatakan curah hujan sedang atau lebat biasanya juga tergantung dengan topografi wilayah.

Ia mengatakan selama November 2021 hingga Januari 2022 tingkat curah hujan di wilayah Sulawesi Tengah cenderung meningkat.

Ia mengimbau seluruh masyarakat tetap waspada terhadap potensi bencana yang disebabkan dampak cuaca, khususnya masyarakat yang bermukim di bantaran sungai dan lereng gunung.

"Yah, tetap waspada untuk semuanya, mulai dari pemerintah sampai masyarakat," tuturnya.

Dalam kurun waktu beberapa minggu terakhir, kata dia, wilayah Sulawesi Tengah terus diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai angin kencang.

Tinggi gelombang air laut di laut Sulawesi selama tiga hari ke depan terbilang cukup aman, sedangkan status perairan dengan gelombang sedang.
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2021