Sulteng hanya ikuti tiga cabang olahraga di Peparnas Papua

id atlet,peparnaspapua,sulawesitengah

Sulteng hanya ikuti tiga cabang olahraga  di Peparnas Papua

Atlet Renang Sulawesi Tengah untuk Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) Tuna Grahita, Fitriani, tengah berlatih renang gaya bebas pada sesi pemusatan latihan di Kota Palu, Sulawesi Tengah, Selasa (26/10/2021). ANTARA/Muhammad Izfaldi

Kota Palu (ANTARA) - Komite Paralimpiade Nasional Indonesia Provinsi Sulawesi Tengah, memastikan hanya akan mengikuti tiga cabang olahraga pada Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) di Papua 2-15 November mendatang.

"Semulanya memang kita rencanakan ada ketambahan satu pada Peparnas tahun ini, yaitu badminton tapi memang dalam perjalanan kita selama pemusatan latihan selama ini, kondisi atlet tidak bisa untuk kita ikutkan ke Peparnas karena itu kita pastikan ke penyelenggara hanya ada tiga yang akan diikuti Sulawesi Tengah nanti," kata Ketua Komite Paralimpik Indonesia Provinsi Sulawesi Tengah, Nur Enang kepada ANTARA di Kota Palu, Minggu.

Ia menjelaskan, dalam pemusatan latihan beberapa bulan terakhir ini, Komite Paralimpik Nasional Sulteng telah menyiapkan satu orang atlet dari cabang olahraga bulu tangkis untuk nomor tunggal.

Namun berdasarkan pertimbangan kesiapan individu atlet maupun hasil evaluasi dari pemusatan latihan yang sudah berjalan, Komite Paralimpik Indonesia Provinsi Sulteng memutuskan hanya akan mengikuti cabang olahraga atletik, tenis meja dan renang dalam Peparnas Papua.

Ia mengatakan pada cabang olahraga yang telah didaftarkan itu, Komite Paralimpik Nasional Provinsi Sulteng menyiapkan 15 atlet dari berbagai ketunaan terdiri 8 atlet atletik, 2 atlet renang dan 5 atlet tenis meja.

"Dan 15 atlet ini kita sudah siap tinggal menunggu pemberangkatan saja semua sudah didaftar by name by number, semua sudah siap kemudian target kita juga sudah siap yaitu optimis kita pada cabor-cabor ini dapat meraih emas, sebab dalam catatan Peparnas yang Sulteng ikuti kita unggul pada tiga cabor ini," katanya.

Pada cabang olahraga atletik, Sulawesi Tengah akan mengikuti nomor lompat jauh, lempar peluru, lari 100 meter, lari 400 meter dan lari 1.500 meter. Sedang cabang olahraga renang akan mengikuti nomor gaya punggung, gaya dada dan gaya bebas masing-masing 50 meter.

Sementara dari cabang olahraga tenis meja akan mengisi nomor tunggal putri, tunggal putra serta ganda campuran dan ganda putra/putri.

Ia menambahkan, Senin (1/11), sebanyak 15 atlet Sulteng yang akan berlaga pada Peparnas Papua akan menjalani test PCR sebagai syarat administrasi perjalanan di Kantor KONI Sulteng. Muhammad Izfaldi.