TP-PKK Sulteng tingkatkan kapasitas kader bangun keluarga sehat

id pkk,tp-pkk sulteng,vera mastura,pemprov sulteng,keluarga sehat,stunting sulteng,stunting

TP-PKK Sulteng  tingkatkan kapasitas kader bangun keluarga sehat

Ketua TP-PKK Sulteng Vera Rompas Mastura (kiri) berbincang dengan Ketua TP-PKK Kota Palu, di Palu, Selasa. (ANTARA/Muhammad Hajiji)

Palu (ANTARA) - Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Provinsi Sulawesi Tengah berupaya meningkatkan kapasitas pengurus dan kader PKK agar dapat berperan dan memaksimalkan program membangun keluarga sehat di daerah itu.

"Kesehatan keluarga dan lingkungan, keluarga sehat, tanggap dan tangguh bencana sangatlah penting," ucap Ketua TP-PKK Provinsi Sulteng Vera Rompas Mastura di Palu, Selasa.

Peningkatan kapasitas itu dilakukan lewat kegiatan bertajuk "pelatihan peningkatan kapasitas Pokja IV TP-PKK dan kader PKK dalam rangka kegiatan Gerakan PKK keluarga sehat, tanggap dan tangguh bencana".

"Pelatihan ini diikuti oleh kader PKK dari kabupaten/kota di Sulteng, yang diharapkan dapat menjadi perpanjangan tangan PKK untuk menggugah kesadaran masyarakat tentang peningkatan kualitas kesehatan masyarakat," kata Vera yang merupakan istri dari Gubernur Sulteng Rusdy Mastura.

Pembangunan keluarga sehat, kata Vera Rompas, menjadi satu program prioritas PKK yang menjadi Gerakan PKK, dengan salah satu tujuannya pemerataan pembangunan manusia.

Selain itu, sebut dia, gerakan keluarga sehat, menjadi satu pendekatan untuk membantu pemerintah dalam mencegah terjadinya stunting atau kasus kekerdilan.

"Melalui gerakan ini, diharapkan dapat mendorong segenap lapisan masyarakat ikut serta berperan aktif, sehingga dapat mewujudkan keluarga sehat dan lingkungannya, serta tanggap dan tangguh bencana," ujarnya.

Vera mengatakan rendahnya kualitas kesehatan keluarga berdampak pada tingginya prevalensi kasus stunting di Sulteng yang saat ini berada di angka 30 persen.

Ia menguraikan berdasarkan data Susenas Tahun 2019 stunting tertinggi di Sulteng berada di Kabupaten Sigi, Poso dan Morowali Utara.

"Data ini merupakan cerminan masih rendahnya pemahaman masyarakat tentang kesehatan, meliputi kesehatan ibu dan anak," sebutnya.

"Sebagai pengurus dan kader PKK, serta PKK sebagai organisasi yang dinamis wajib memberikan kontribusi pemikiran dan pelayanan bagi masyarakat demi mewujudkan masyarakat sehat," kata Vera.
Ketua TP-PKK Sulteng Vera Rompas Mastura (kiri) berbincang dengan Ketua TP-PKK Kota Palu, di Palu, Selasa. (ANTARA/Muhammad Hajiji)