BMKG prakirakan hujan lebat berpotensi terjadi di sejumlah daerah di Indonesia

id hujan lebat,prakiraan cuaca,BMKG

BMKG prakirakan hujan lebat berpotensi terjadi di sejumlah daerah di Indonesia

Sejumlah warga melintasi banjir untuk mengungsi di Desa Semboro, Semboro, Jember, Jawa Timur, Jumat (19/11/2021). Banjir kembali melanda tiga kecamatan di Jember yang diakibatkan akibat curah hujan lebat sejak kamis (18/11/2021) sore. ANTARA FOTO/Seno/pras.

Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berpotensi terjadi di sejumlah daerah di Indonesia.

Berdasarkan informasi yang dihimpun ANTARA di Jakarta, Senin, prakiraan cuaca tersebut berpotensi melanda Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta.

Cuaca serupa diprakirakan terjadi di Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, dan Papua.

Sementara wilayah yang berpotensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang adalah DKI Jakarta, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Selatan, dan Papua Barat

BMKG juga memberikan peringatan gelombang tinggi 2,5-4 meter di wilayah Selat Sunda bagian Selatan, Perairan Selatan Banten, Perairan Selatan Jawa Barat, Samudra Hindia Barat Kepulauan Enggano hingga Lampung, dan Samudra Hindia Selatan Banten hingga Jawa Barat.

Masyarakat yang tinggal di sekitar pesisir dan bidang pelayaran diimbau untuk memperhatikan peringatan gelombang laut tersebut.