Pewarta ANTARA kembali jadi pemilih pemain terbaik FIFA tahun 2021

id FIFA,Pemain terbaik FIFA,LKBN ANTARA,Pelatih terbaik FIFA,Kiper Terbaik FIFA

Pewarta ANTARA kembali  jadi pemilih pemain terbaik FIFA tahun 2021

Ilustrasi: Pewarta Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA Triono Subagyo, saat berada di Rusia pada tahun 2018 ketika bertugas meliput Piala Dunia. (ANTARA/HO-Triono Subagyo)

Bandarlampung (ANTARA) - Pewarta Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA Triono Subagyo kembali menjadi salah satu pemilih untuk pemain, penjaga gawang, dan pelatih pria terbaik versi Fédération Internationale de Football Association (FIFA) tahun 2021.

Menurut Triono Subagyo, yang akrab disapa Yoyok itu, di Bandarlampung, Selasa, dipilihnya dirinya kemungkinan masih ada kaitan usai korespondensi dan peliputan Piala Dunia Rusia 2018.

"Mungkin pihak FIFA masih melihat itu. Untuk tahun depan kemungkinan FIFA akan mencari voter lain, bisa dari ANTARA atau media lain," kata dia, seraya menyebutkan tahun ini untuk ke empat menjadi pemilih pemain dan pelatih terbaik FIFA.

Yoyok yang kini menjabat redaktur lintas di LKBN ANTARA itu menjelaskan bahwa dia dihubungi FIFA Football Awards Media (FIFA) untuk menanyakan kesiapan menjadi voter.

"Saya siap. Karena mengikuti perkembangan sepak bola dunia, ini juga suatu penghargaan dari FIFA bagi saya dan ANTARA," katanya.

Dia pun menjelaskan, untuk memilih sudah diberikan panduan yang dikirim melalui email berupa tiga tahapan.

Pertama, unggah melalui aplikasi dari Apple maupun Android. "Kedua, setelah mengunduh aplikasi, akan dapat mengakses sistem pemungutan suara menggunakan detail login yang tersedia. Ini akan berlaku dari hari pertama pemungutan suara pada 22 November hingga pemungutan suara ditutup pada 10 Desember. Tidak akan mungkin untuk mengakses sistem kapan saja di luar periode itu," kata dia.

Pada tahap dua ini, lanjutnya, diberikan kode, user name, dan password.

Pada tahap ketiga, kata dia yaitu memilih. Terkait hal pilihan, FIFA mengingatkan bahwa kredensial ini unik dan tidak boleh dibagikan. Perlu diketahui juga bahwa hanya yang diberi akses yang berhak memilih; suara yang diajukan oleh orang lain tidak akan dipertimbangkan dan tidak akan diperhitungkan dalam hasil akhir.

Menyinggung siapa yang bakal dipilih, Yoyok mengatakan tahun ini lebih sulit dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, tetapi sudah ada meski tidak mau menyebutkan namanya.

"Sudah ada. Bisa dirunut atau dilihat prestasinya seperti dalam aturan alokasi, di antaranya disebutkan penghargaan diberikan kepada setiap kategori terlepas dari kejuaraan atau kebangsaan yang dicapai selama periode 8 Oktober 2020 hingga 7 Agustus 2021 bagi Pemain Pria Terbaik FIFA, Pelatih Pria Terbaik FIFA dan Penjaga Gawang Pria Terbaik FIFA," katanya.


Sementara itu, FIFA telah mengumumkan nominasi pemain pria terbaik ada sebelas yang diurutkan berdasarkan abjad yakni Karim Benzema (Prancis / Real Madrid CF), Kevin De Bruyne (Belgia / Manchester City FC), Cristiano Ronaldo (Portugal / Juventus FC / Manchester United FC).

Kemudian, Robert Lewandowski (Polandia / FC Bayern München), Lionel Messi (Argentina / FC Barcelona / Paris Saint-Germain), Neymar (Brasil / Paris Saint-Germain), Erling Haaland (Norwegia / BV Borussia 09 Dortmund).

Selanjutnya, Jorginho (Italia / Chelsea FC), N'Golo Kanté (Prancis / Chelsea FC), Kylian Mbappe (Prancis / Paris Saint-Germain), dan Mohamed Salah (Mesir / Liverpool FC).

Untuk penjaga gawang atau kiper pria terbaik yakni Alisson Becker (Brasil / Liverpool FC), Gianluigi Donnarumma (Italia/AC Milan/Paris Saint-Germain), Douard Mendy (Senegal / Chelsea FC), Manuel Neuer (Jerman / FC Bayern München)dan Kasper Schmeichel (Denmark / Leicester City FC)

Nominasi pelatih pria terbaik yaitu Antonio Conte (Italia / FC Internazionale Milano / Tottenham Hotspur FC), Hansi Flick (Jerman / FC Bayern München / tim nasional Jerman), Pep Guardiola (Spanyol / Manchester City FC), Roberto Mancini (Italia / tim nasional Italia), Lionel Sebastián Scaloni (Argentina / Timnas Argentina), Diego Simeone (Argentina / Atlético de Madrid), dan Thomas Tuchel (Jerman / Chelsea FC).
 
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2021