Pemprov Sulteng beri dukungan teknologi bagi nelayan tangkap ikan

id gubernur sulteng,rusdy mastura,PPI Donggala,pemprov sulteng,nelayan sulteng

Pemprov Sulteng  beri dukungan teknologi bagi nelayan tangkap ikan

Foto bersama para nelayan dengan Gubernur Sulteng Rusdy Mastura, di sela-sela peluncuran "smart fishing port" atau pelabuhan perikanan cerdas, di Donggala, Selasa. (ANTARA/HO-Biro Administrasi Pimpinan Setda Pemprov Sulteng)

Donggala, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah (Pemprov Sulteng) memberikan dukungan dengan memfasilitasi ketersediaan teknologi untuk mendorong kegiatan tangkap perikanan yang dilakukan oleh nelayan di provinsi tersebut.

"Nelayan-nelayan kita harus kita perhatikan, dengan memberikan dukungan teknologi kepada mereka," kata Gubernur Sulteng Rusdy Mastura, di Donggala, Selasa.

Pemprov Sulteng melalui Dinas Kelautan Perikanan menyediakan teknologi smart fishing port atau pelabuhan perikanan cerdas yang diluncurkan oleh Gubernur Rusdy Mastura di Pelabuhan Pendaratan Ikan pada UPT Pelabuhan Perikanan Wilayah I di Kabupaten Donggala.

Rusdy Mastura menjelaskan, melalui teknologi itu, para nelayan dapat mengetahui titik ikan di laut, sehingga tidak membutuhkan waktu lama untuk mencari lokasi titik berkumpulnya ikan.

"Keunggulan dari teknologi ini ialah dapat mendeteksi dan menentukan lokasi penangkapan ikan,” sebut Rusdy Mastura.

Ia menyebut optimalisasi sektor perikanan dan kelautan membutuhkan berbagai pendekatan, salah satunya yaitu pendekatan teknologi untuk mendukung nelayan dalam meningkatkan produksi hasil tangkap perikanan.

"Inovasi ini akan menjadi solusi meningkatnya daya saing dan kesejahteraan nelayan Sulteng serta mewujudkan kedaulatan pangan," sebutnya.

Ia mengharapkan kehadiran teknologi tersebut dapat memberikan manfaat besar kepada nelayan. Selain itu, juga meningkatkan antusias nelayan untuk memanfaatkan dan meningkatkan hasil tangkap perikanan.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Sulteng Moh Arif Latjuba mengemukakan pendekatan teknologi ini merupakan salah satu upaya dalam menjawab tantangan yang diberikan oleh Gubernur Rusdy Mastura.

"Kami berusaha menjawab keinginan Bapak Gubernur mengenai adanya dukungan teknologi kepada nelayan. Saat ini kami jawab melalui smart fishing sebagai solusi dalam meningkatkan produktifitas perikanan tangkap dalam upaya pengentasan kemiskinan di Sulteng," ujar Arif Latjuba.