Samsung dan PMI resmikan kelas pembelajaran digital di Palu

id pmiindonesia,samsungindonesia,kotapalu,sulawesitengah

Samsung dan PMI  resmikan kelas pembelajaran digital di Palu

​​​​​​​Ketua PMI Sulteng Hidayat Lamakarate (tengah) dan Head of Corporate Citizenship Samsung Indonesia Ennita Pramono (kiri) mengunjungi Samsung Smart Learning Class di MTS Alkhairaat Pusat di Kompleks Alkhairaat, Selasa (23/11). ANTARA/HO-Samsung Indonesia

Kota Palu (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) bersama PT Samsung Electronics Indonesia (SEIN) meresmikan Kelas Pembelajaran Digital di Palu, Sulawesi Tengah, Selasa.

Fasilitas bernama Samsung Smart Learning Class (SSLC) ini didirikan di tiga sekolah di Palu, guna meningkatkan mutu pendidikan berbasis digital di Indonesia pasca bencana alam gempa bumi, likuefaksi dan tsunami 2018 yang lalu.

Sekjen PMI Sudirman Said mengatakan pandemi COVID-19 membuat kebutuhan pembelajaran digital meningkat.

"Guru maupun siswa dituntut memahami model pembelajaran ini demi pembelajaran tetap berlangsung selama pandemi, meski pembelajaran tatap muka (PTM) mulai digelar, model pembelajaran digital tetap diperlukan untuk meningkatkan mutu materi ajar," kata Sekjen PMI Sudirman Said secara virtual yang terpusat di SDN 1 Taturan, Kota Palu, Sulawesi Tengah.

Ia menjelaskan adanya SSLC akan membantu pengembangan kapasitas Palang Merah Indonesia, seperti penerapan berbagai aplikasi kepalangmerahan dalam Pengembangan Palang Merah Remaja (PMR) di sekolah-sekolah di wilayah di Sulawesi Tengah, khususnya Kota Palu.

"Pandemi mengajarkan banyak hal, mulai dari kebiasaan memakai masker sampai kebiasaan belajar mengajar. Pandemi mulai melandai, tapi kebiasaan ini bisa diteruskan untuk tujuan lain, untuk pengayaan materi, misalnya, " jelasnya.

Sudirman berharap agar keberadaan SSLC di SDN 1 Tatura , SDN 2 Panau, dan MTs Al-Khairat Pusat, akan meningkatkan efektivitas kegiatan belajar mengajar.

Sementara itu, Head of Corporate Citizenship Samsung Electronics Indonesia, Ennita Pramono menjelaskan SSLC dapat memberikan pengalaman belajar yang lebih menarik dan mendorong keingintahuan bagi siswa, serta membantu guru mulai dari mencari materi ajar, maupun untuk dijadikan alat peraga yang lebih interaktif dan berkualitas.

Samsung Smart Learning Class merupakan salah satu kegiatan CSR Samsung mendukung program pemerintah dalam pelaksanaan digitalisasi sekolah di seluruh Indonesia.

"Sesuai dengan memorandum Samsung bersama Kemendikbud untuk program Samsung Indonesia Cerdas, yaitu mengoptimalkan peran teknologi dalam dunia pendidikan, baik untuk penciptaan kualitas juga untuk mempercepat pemerataan materi pendidikan yang menjangkau seluruh Indonesia," jelasnya.

SSLC dilengkapi Galaxy Tab A with S Pen yang di dalamnya telah ditanamkan aplikasi materi pembelajaran berupa buku digital interaktif dan perpustakaan elektronik untuk berbagai mata pelajaran pada semua tingkatan, serta manajemen sistem pembelajaran untuk memantau pemanfaatan Galaxy Tab A oleh para peserta didik di sekolah.

Selain Galaxy Tab, SSLC juga didukung dengan Samsung Smart TV, Samsung AC, dan WLAN (Access Point) untuk memberikan pengalaman saling terkoneksi dan menyenangkan dalam proses pembelajaran. Untuk mempersiapkan pemanfaatan kelas dan fasilitas SSLC secara maksimal, Samsung memberikan pelatihan (train the trainer) kepada para pendidik di tiga sekolah tersebut.

 
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2021