Sulteng butuh dukungan KKP bangun industri perikanan di Banggai

id pemprov sulteng,kkp,perikanan dan kelautan sulteng,industri perikanan sulteng,gubernur sulteng,rusdy mastura,m ridha sal

Sulteng  butuh dukungan KKP bangun industri perikanan di Banggai

Tenaga Ahli Gubernur Sulteng M Ridha Saleh (kiri) mendampingi Gubernur Sulteng Rusdy Mastura (tengah) menemui Menteri Kelautan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono, di Jakarta, pekan lalu. (ANTARA/HO-Biro Administrasi Pimpinan Setda Pemprov Sulteng)

Palu (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah (Pemrov Sulteng) membutuhkan dukungan dari Kementerian Kelautan Perikanan (KKP) terkait rencana pembangunan industri kelautan dan perikanan di Kabupaten Banggai.

"Di sana sangat potensial untuk dibangun industri kelautan dan perikanan, karena di wilayah itu ada Banggai, Banggai laut, Buton, Taliabu yang berbatasan dengan kabupaten tersebut," ucap Tenaga Ahli Gubernur Sulteng M Ridha Saleh, di Palu, Selasa.

Kabupaten Banggai, memiliki potensi perikanan yang sangat besar, sehingga dipandang layak untuk dibangunkan industri perikanan.

"Banggai, Banggai Laut dan Banggai Kepulauan berdekatan dengan Buton Barat, Taliabu, Maluku Utara. Serta bagian barat berbatasan dengan Selat Peling jika dari Banggai Kepulauan. Ini potensi ikan," ujar M Ridha Saleh.

Gubernur Sulteng Rusdy Mastura, telah menyampaikan langsung usulan kepada Menteri Kelautan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono, di Jakarta, agar membangun industri perikanan di Banggai.

"Saat itu Menteri sangat tertarik dengan usulan dari Bapak Gubernur Rusdy Mastura," kata Edang sapaan akrab M Ridha Saleh.

Dari usulan tersebut, ia menguraikan, Menteri Sakti Wahyu Trenggono merespons positif, dengan mengirim tim untuk melakukan peninjauan di lokasi dan kabupaten yang diusulkan oleh Gubernur Rusdy Mastura.

"KKP akan mengirim tim ke Sulteng untuk melihat potensi industri perikanan nasional tersebut," ujar Edang.

Pemprov Sulteng menilai bahwa pengembangan sektor perikanan dan kelautan akan lebih optimal dilakukan, bila didukung dengan ketersediaan industri perikanan.

Hal itu tidak hanya berfungsi untuk optimalisasi pemenuhan kebutuhan pangan masyarakat khususnya ikan, melainkan untuk percepatan peningkatan ekonomi masyarakat dan daerah.
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2021