Sekolah di Palu atur strategi hadapi libur saat PPKM level III

id liburnatal,dinaspendidikan,kotapalu,sulawesitengah

Sekolah di Palu atur strategi hadapi libur  saat PPKM level III

Seorang siswi berada di SMAN 2 Palu, Sulawesi Tengah. ANTARA/Kristina Natalia

Kota Palu (ANTARA) - Sejumlah sekolah di Kota Palu, Sulawesi Tengah telah menyusun beberapa strategi menghadapi libur natal dan tahun baru di saat pemberlakuan PPKM level III.

Sesuai instruksi Menteri Dalam Negeri untuk tidak meliburkan sekolah pada natal dan tahun baru, maka perlu strategi yang tepat, kata Plt Kepala Dinas Pendidikan Kota Palu, Abdul Hafid Djakatare di Palu, Jumat.

Strategi yang dilakukan mulai dari penggunaan sistem gabungan antara tatap muka dan daring hingga membentuk kelompok paguyuban yang melibatkan guru dan orangtua murid.

"Semua sekolah telah diimbau agar mematuhi instruksi itu," ucapnya.

Dalam waktu dekat Dinas Pendidikan Kota Palu juga akan mengundang perwakilan sekolah dari tingkat Paud, TK, SD dan SMP untuk mengadakan pertemuan membahas libur natal dan tahun baru.

"Kalau sudah ada hasil pertemuan, maka diteruskan untuk jadi bahan sebelum kebijakan dikeluarkan," sebutnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 2 Palu, Eddy Siswanto mengatakan, pihaknya akan patuh terhadap instruksi tersebut dan menunggu edaran dari Pemerintah Daerah.

Pembelajaran di SMAN 2 Palu akan menggunakan sistem Blended Learning atau pembelajaran gabungan antara tatap muka dan daring.

"Nah kalau nantinya pada level 3 yang PTMP, disampaikan pemda ternyata anak itu tidak diliburkan, maka kita tetap melaksanakan seperti sebelumnya, kita menunggu pemerintah daerah saja," jelasnya Jumat.

Ia juga tetap mengimbau kepada seluruh siswa siswi untuk tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Tetap prokes walaupun sudah di level II, semoga kalau masuk level I kita bisa tatap muka dengan normal seperti dulu," paparnya.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Kepala sekolah menengah pertama negeri (SMPN) 1 Palu, Farida Batjo. Menurutnya, untuk menjaga sejumlah siswa siswi tidak melakukan libur ke luar kota, pihaknya telah membentuk paguyuban yang di dalamnya ada pihak guru bersama orang tua siswa.

"Paguyuban tadi itu ada kelompok orang tua, jadi untuk mengingatkan selalu bahwa tolong jangan dulu dibawa kemana mana anak anak mereka," terangnya.

Pemerintah telah menetapkan sejumlah daerah di Indonesia untuk menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level III pada saat libur natal dan tahun baru.

Rencana PPKM level III tersebut ditetapkan mulai tanggal 24 Desember 2021, hingga tanggal 2 Januari 2022.

Dalam PPKM level tiga tersebut, Menteri Dalam Negeri, menginstruksikan kepada sejumlah sekolah untuk tidak memberikan libur kepada siswa-sisiwinya.

Saat ini hampir seluruh sekolah di Sulawesi Tengah, mulai dari jenjang Sekolah Dasar hingga menengah atas telah melakukan pembelajaran tatap muka, namun dengan protokol kesehatan yang ketat dengan membagi dua dari jumlah siswa keseluruhan.
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2022