Hari Guru Nasional momentum kebangkitan pendidik di tengah pandemi

id Jgn, Pemkotpalu, wawalipalu, Reny Lamadjido, guru, sulteng

Hari Guru Nasional  momentum kebangkitan pendidik di tengah pandemi

Wakil Wali Kota Palu, Reny A Lamadjido menghadiri peringatan hari guru nasional (HGN) yang dihadiri insan guru dari semua jenjang pendidikan di Palu, Kamis (25/11/2021). ANTARA/HO/Humas Pemkot Palu

Palu (ANTARA) -
Pemerintah Kota Palu, Sulawesi Tengah mengharapkan hari guru nasional (HGN) menjadi momentum kebangkitan dan kemajuan pendidikan di masa pandemi COVID-19.
 
"Kondisi pendidikan di negeri ini di tengah pandemi semat mengalami hambatan, siswa-siswi terpaksa harus mengambil alternatif pembelajaran jarak jauh, tentu ini sulit meskipun sekarang sudah berlaku pembelajaran tatap muka (PTM) namun masih terbatas," kata Wakil Wali Kota Palu Reny A Lamadjido pada peringatan HGN di Palu, Kamis (25/11).
 
Menurutnya, meski pandemi belum usai, bukan berarti tidak ada perbaikan kualitas pendidikan di tengah situasi yang belum kondusif ini.

Oleh karena itu, guru sebagai motor penggerak pendidikan dituntut lebih kreatif dan inovatif dalam mendorong semangat belajar peserta didik, serta mampu mengoperasikan perangkat-perangkat digital dalam mendukung proses belajar mengajar.

"Guru adalah pahlawan pendidikan. Tidak ada kata lain, selain perbaikan sistem sebagai prioritas, meskipun situasi ini sangat membebani, tetapi yakinlah ke depan situasi sulit ini bisa kita lalui," ujar Reny.

Peringatan GHN 2021, mengangkat tema bertajuk "bangkit guruku, maju negeriku, Indonesia tangguh" disesuaikan dengan kondisi saat ini di tanah air yang menyebabkan sekolah harus ikut memberlakukan kebijakan pendidikan jarak jauh sehingga kegiatan belajar mengajar dilakukan secara daring.

Momentum ini, sekaligus memperingati hari ulang tahun persatuan guru republik Indonesia (PGRI) ke-76 yang diikuti para insan guru dari semua jenjang pendidikan se-Kota Palu.

Di kesempatan itu, wakil wali kota juga mengapresiasi semangat para guru yang sudah mengajarkan ilmu dan kebaikan kepada peserta didik sebagai bekal untuk menjadi pribadi yang lebih baik saat mereka tumbuh dewasa nanti.

"Pendidikan hari ini merupakan sebuah perjalanan panjang hasil dari perjuangan memperoleh hak pendidikan yang merata bagi seluruh lapisan masyarakat, dan momentum ini juga bentuk penghargaan, apresiasi, dan cara mengenang jasa baik para guru," demikian Reny.
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2022