DPRD Sulteng harapkan PNS di daerah tingkatkan kualitas

id Sulteng,Sandi,Dprd,Dprd sulteng,Korpri

DPRD Sulteng  harapkan PNS di daerah tingkatkan kualitas

Ilustrasi Pegawai Negeri Sipil (PNS). ANTARA/Adiwinata Solihin

Palu (ANTARA) - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) Mohammad Arus Abdul Karim mengharapkan para pegawai negeri sipil (PNS) di seluruh daerah di Sulteng dapat meningkatkan keahlian dan kualitas.

Peningkatan kualitan itu agar tugas pokok melayani masyarakat baik yang bekerja pada organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan pemerintah provinsi, kota maupun kabupaten dan instansi vertikal dapat berjalan maksimal sehingga berdampak pada pembangunan daerah dan masyarakat.

"Kalau di perguruan tinggi, siapapun yang ingin mengikuti seleksi penerimaan dosen salah satu syaratnya minimal menyelesaikan pendidikan Strata 2 (S2). PNS juga begitu dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat," katanya di Kota Palu, Senin.

Yang tidak kalah penting Arus mengatakan pemerintah daerah sebaiknya mengisi posisi jabatan pimpinan tinggi pratama dan lurah serta camat dengan PNS yang memiliki latar belakang pendidikan di atas S1 dan memiliki keahlian untuk mengelola OPD yang ditempatinya.

"Seperti kalau kepala biro minimal diisi oleh PNS yang telah menyelesaikan pendidikan minimal S2. Kalau lurah dan camat diisi oleh PNS yang memiliki spesialisasi di sana yaitu PNS jebolan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) karena mereka diajari semua hal terkait pelayanan saat belajar di IPDN,"ujarnya.

Sejauh ini ia menyebut belum menerima laporan dari masyarakat perihal buruknya kualitas pelayanan PNS kepada masyarakat.

Hanya saja kerja-kerja pelayanan yang selama ini dilakukan oleh para PNS, baik saat berada di lingkungan OPD maupun di luar kantor OPD harus lebih disempurnakan lagi.
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2022