Bandar Mutiara Sis Al-Djufri Palu luncurkan sistem parkir digital

id Bandara mutiara, parkir digital, Ubaedillah, parkir, palu, bandara palu, sulteng

Bandar Mutiara Sis Al-Djufri Palu luncurkan sistem parkir digital

Kepala Bandara Mutiara Sis Al-Jufri Palu, Ubaedillah saat menyampaikan sambutannya dalam acara peluncuran sistem perparkiran digital bandara, di Palu, Rabu (2/12/2021). ANTARA/Moh Ridwan

Palu (ANTARA) -
Otoritas Bandara Mutiara Sis Al-Jufri Palu, Sulawesi Tengah, meluncurkan sistem transaksi perparkiran digital dalam rangka optimalisasi tata kelola ruang lingkup bandara.
 
"Sistem ini sebagai pengganti sistem sebelumnya yang masih manual dengan pelayanan minimalis serta merubah pola transaksi dari tunai ke non tunai," kata Kepala Bandara Mutiara Sis Al-Jufri Palu Ubaedillah saat peluncuran sistem perparkiran berbasis digital di Palu, Rabu.
 
Ia menjelaskan, konsep ini sebagai upaya otoritas setempat bertransformasi menuju Smart Airport dalam rangka mengikuti perkembangan teknologi dan layanan yang lebih ramah terhadap masyarakat, yang mana transaksi parkir digital mulai berlaku per 1 Desember 2021.
 
Dengan sistem tersebut, maka masyarakat yang memiliki kendaraan masuk ke bandara, wajib memiliki kartu khusus sebagai alat transaksi yang sudah disiapkan oleh pengelola tepat di gerbang masuk, yang mana sistem perparkiran ini ditangani PT Centrepark Citra Corpora sebagai perusahaan swasta Nasional yang mengkhususkan diri bergerak di bidang bisnis perparkiran.
 
Oleh karena itu, di masa transisi dua bulan ke depan pihaknya dan pengelola menyosialisasikan konsep ini kepada masyarakat, dan kartu transaksi elektronik itu dikeluarkan resmi bank pelaksana.
 
"Sudah menjadi komitmen kami bersama pemerintah setempat, karena saat ini Kota Palu didorong menjadi kota pintar, karena itu kami juga punya visi bandara pintar. Sebenarnya kita sudah sejajar tampil modern," ujar Ubaedillah.
 
Menurutnya, transformasi ke konsep bandara pintar merupakan salah satu langkah untuk meningkatkan kualitas pelayanan sekaligus upaya mematangkan Bandar Mutiara Sis Al-Jufri menjadi bandara berkala Internasional, tentunya ditunjang dengan sarana dan prasarana yang lengkap.
 
"Tentu arahnya akan ke sana mendukung pengembangan layanan transportasi udara. Kami memulai dari hal kecil, salah satunya sistem perparkiran, sebab saat ini kota-kota besar sudah menggunakan transaksi parkir non tunai, dan rencananya akan diintegrasikan dengan moda angkutan lain dalam mendukung kegiatan bandara," papar Ubaedillah.
Wali Kota Palu, Hadianto Rasyid mecoba layanan sistem parkir berbasis digital saat masuk ke bandara Mutiara Sis Al-Jufri Palu setelah diluncurkan oleh otoritas setempat di Palu, Rabu (2/12/2021). ANTARA/Moh Ridwan
Wali Kota Palu Hadianto Rasyid mengemukakan, penerapan sistem perparkiran digital suatu terobosan untuk meningkatkan kapasitas layanan di suatu tempat, seperti yang sudah dilaksanakan otoritas Bandara Mutiara Sis Al-Jufri.
 
Dengan inovasi teknologi, lanjutnya, bukan hanya menyangkut efisiensi dan efektifitas, tetapi juga sebagai upaya memberikan perlindungan bagi pelanggan, termasuk menghindari kebocoran pendapatan di sektor parkir.
 
"Bandara sebagai pintu gerbang suatu daerah, sehingga pintu gerbang ini harus menjadi etalase yang baik dan dapat memberikan kesan positif kepada penggunanya," kata Hadianto.