Pemkab Sigi bantu sarana infastruktur penunjang UIN Datokarama

id Pemkab Sigi,UIN Datokarama,UIN Palu,Bupati Sigi,Mohamad Irwan,Prof Sagaf

Pemkab Sigi  bantu sarana infastruktur penunjang UIN Datokarama

Bupati Sigi Mohamad Irwan (kiri) berbincang dengan Rektor UIN Datokarama Prof Sagaf S Pettalongi, di Kampus 2 UIN Datokrama, di Sigi. ANTARA/Muhammad Hajiji

Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Pemerintah Daerah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah membantu ketersediaan dan peningkatan kualitas sarana dan infastruktur penunjang kegiatan akademik Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama yang terletak di Desa Pombewe, Kecamatan Sigi Biromaru.

"Infastruktur dan sarana seperti jalan menuju kampus UIN Datokarama menjadi tanggung jawab kami," kata Bupati Sigi Mohamad Irwan, Kamis.

Pernyataan Bupati Sigi Mohamad Irwan, seiring dengan usulan dari Akademisi Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan (FTIK) UIN Datokarama Dr Elya, yang mengusulkan kepada Bupati Mohamad Irwan agar membantu memperbaiki akses jalan menuju kampus UIN Datokarama.

Dr Elya juga mengusulkan kepada Bupati Sigi agar membantu menyediakan sarana air bersih di lingkup UIN Datokarama di Sigi, serta penyediaan sarana penerangan jalan menuju kampus tersebut.

Elya juga menyarankan kepada Bupati Sigi Mohamad Irwan agar membantu menyediakan fasilitas tempat tinggal bagi mahasiswa FTIK UIN Datokarama Palu yang berjumlah kurang lebih 3.000 mahasiswa.

Usulan itu disampaikan Elya dalam kegiatan pembinaan SDM ASN yang diselenggarakan oleh FTIK UIN Datokarama, di Sigi, yang menghadirkan Bupati Sigi Mohamad Irwan sebagai pembicara utama.

Bupati Sigi Mohamad Irwan mengakomodir usulan tersebut dengan segera akan melakukan pembangunan peningkatan kualitas jalan menuju kampus UIN Datokarama.

"Untuk air bersih pemerintah daerah Kabupaten Sigi akan membantu dengan membangun sumur di lingkungan kampus ini," ujar Mohamad Irwan.

Untuk pembangunan air bersih, Bupati Mohamad Irwan membutuhkan surat permohonan dari pihak UIN Datokarama, yang selanjutnya akan menjadi dasar untuk disampaikan bupati ke Dinas Pekerjaan Umum.

"Prinsipnya pemerintah daerah siap membantu pengembangan UIN Datokarama di Kabupaten Sigi," sebut Mohamad Irwan.

Rektor UIN Datokarama Prof Sagaf S Pettalongi MPd berterima kasih kepada Bupati Sigi yang telah bersedia untuk membantu sarana dan infastruktur penunjang pengembangan kampus tersebut di Sigi.
Bupati Sigi Mohamad Irwan. ANTARA/Muhammad Hajiji
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2022