Akademisi: ANTARA berperan sebarkan informasi mencerahkan

id HUT ANTARA,REKTOR UIN PALU,PROF SAGAF PETTALONGI,LKBN ANTARA,ANTARA NEWS,HUT 84,ANTARA

Akademisi:  ANTARA berperan sebarkan informasi mencerahkan

Rektor UIN Datokarama Palu Prof Dr H Sagaf S Pettalongi MPd mengucapkan selamat HUT Ke-84 Perum LKBN ANTARA tahun 2021. ANTARA/Muhammad Hajiji

Palu (ANTARA) - Guru Besar Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu, Sulawesi Tengah Prof Dr H Sagaf S Pettalongi MPd menilai Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA memiliki peran penting dalam menyebarluaskan informasi yang mencerahkan dan mendidik.

"Sebagai Kantor Berita Indonesia, ANTARA memiliki tanggung jawab dan peran dalam mengedukasi masyarakat/pembaca," ujar Prof Sagaf S Pettalongi MPd, di Palu, Senin, berkaitan dengan HUT Ke-84 LKBN ANTARA.

Kantor Berita ANTARA didirikan oleh empat tokoh wartawan pejuang, yakni Adam Malik, AM Sipahoetar, Soemanang, dan Pandoe Kartawigoena pada tanggal 13 Desember 1937 sebagai kantor berita perjuangan melawan agitasi pemerintahan kolonial Belanda.

Kantor Berita ANTARA berperan penting menyebarluaskan Proklamasi Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 1945 ke seluruh penjuru wilayah di dalam negeri hingga ke mancanegara.

Prof Sagaf yang juga Rektor UIN Datokarama Palu mengemukakan, jika dahulu di masa empat tokoh muda itu ANTARA berperan melawan propaganda kolonial Belanda, maka di masa saat ini ANTARA harus berperan memerdekakan masyarakat dari informasi-informasi hoaks.

"Kehadiran informasi berbasis digital telah memberikan perubahan gaya hidup masyarakat, sekaligus membuat masyarakat itu sendiri rentan terhadap informasi-informasi hoaks dan informasi yang bernuansa memecah-belah keutuhan dan kesatuan bangsa," ujar Prof Sagaf.

Karena itu, menurut Waketum MUI Sulteng itu bahwa dengan kekuatan sistem digital informasi yang dimiliki oleh LKBN ANTARA, harus bisa menjadi kontra informasi hoaks yang tersebar di dunia maya.

"ANTARA sebagai komponen pemerintah harus dapat membangun optimisme dan semangat masyarakat, generasi muda untuk merawat dan menjunjung tinggi keutuhan dan kesatuan bangsa," kata Prof Sagaf.

Prof Sagaf mewakili seluruh komponen sivitas akademika UIN Datokarama Palu mengucapkan selamat HUT Ke-84 Perum LKBN ANTARA. Semangat ulang tahun menjadi momentum untuk merefleksi kembali peran ANTARA dalam mencerahkan kehidupan bangsa, katanya pula.