Bupati Sigi minta beras produksi petani lokal dikembangkan

id perum bulog,beras asn,beras maleo,petani sigi,pertanian sigi,bupati sigi,mohamad irwan

Bupati Sigi  minta beras produksi petani lokal dikembangkan

Bupati Sigi Mohamad Irwan (kiri) menerima cendramata dari Direktur Bisnis Perum Buloh Febby Novita, di Palu, Rabu. (ANTARA/Muhammad Hajiji)

Palu (ANTARA) - Bupati Sigi, Sulawesi Tengah Mohamad Irwan menyatakan beras yang diproduksi oleh petani lokal di wilayah Kabupaten Sigi, harus terus dikembangkan, agar memberikan manfaat besar secara ekonomi kepada petani dan daerah.

"Beras produksi petani lokal di Kabupaten Sigi, merupakan salah satu produk unggulan daerah yang perlu dikembangkan secara berkelanjutan," ucap Bupati  saat penandatangan kerja sama tentang pemenuhan beras ASN, dan penyediaan beras untuk percepatan vaksinasi, antara Perum Bulog dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Sigi, Pemerintah Kota Palu dan Pemerintah Kabupaten Donggala, serta peluncuran Beras Maleo di Palu, Rabu.

Termasuk, beras maleo yang diluncurkan oleh Perum Bulog, merupakan pasokan beras yang juga berasal dari Kabupaten Sigi, selain dari Donggala dan Parigi Moutong.

Peluncuran beras maleo, menurutnya, merupakan salah satu upaya pemerintah dalam mencari pangsa pasar, atas produksi beras petani lokal yang berada di Kabupaten Sigi.

"Komoditi pangan berupa beras, menjadi salah satu produk unggulan daerah yang perlu dikembangkan dan dibina secara terpadu oleh Pemkab Sigi," sebutnya.

Dengan menyediakan pangsa pasar yang besar untuk penyerapan hasil-hasil pertanian yang diolah petani, lanjutnya, diharapkan dapat berdampak langsung pada pembangunan ketahanan pangan daerah, untuk menopang pembangunan ketahanan pangan nasional.

Selain itu, ia menyebut, penyediaan pangsa pasar hasil pertanian yang diolah petani, juga berdampak langsung terhadap pertumbuhan ekonomi daerah, serta peningkatan kesejahteraan petani lokal di Sigi.

Beras maleo yang diluncurkan oleh Perum Bulog, selanjutnya akan didistribusikan kepada ASN di Kota Palu dan Kabupaten Sigi. Untuk Kabupaten Sigi, Bupati Mohamad Irwan berharap beras itu menjadi bahan pangan yang sehat tanpa pengawet dan pemutih.

"Melalui program pembelian beras oleh ASN selain menyerap hasil produksi hasil petani lokal, juga bisa dijadikan ajang promosi produk ke daerah lain, sehingga dapat meningkatkan kemandirian ekonomi masyarakat berbasis potensi ekonomi lokal, melalui sektor agribisnis," ujarnya.