Donggala Akan Bangun RS Pratama Di Tambu

id hospital

Donggala Akan Bangun RS Pratama Di Tambu

Ilustrasi (antaranews)

Jika tidak ada aral yang melintang, maka pembangunan akan dilaksanakan pada Februari tahun 2016 ini
Palu,  (antarasulteng.com) - Pemerintah Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, akan membangun Rumah Sakit Pratama pada tahun 2016 untuk mempercepat pelayanan kesehatan, yang terletak di Desa Tambu Kecamatan Balaesang.

"Tahun 2016 ini kami akan membangun 1 unit rumah sakit pratama di wilayah pantai barat, tepatnya di Desa Tambu, Balaesang," ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Donggala, dr. Anita, di Palu, Sabtu.

Anita mengatakan pembangunan rumah sakit tersebut, akan dibiayai lewat Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) tahun 2016, yang telah tersedia dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Donggala.

Dengan demikian, kata dia, pembangunan konstruksi gedung rumah sakit pratama tersebut direncanakan akan dimulai pada bulan Februari.

"Jika tidak ada aral yang melintang, maka pembangunan akan dilaksanakan pada Februari tahun 2016 ini," sebutnya.

Dirinya mengutarakan bahwa saat ini pihaknya sedang mengurusi dokumen terkait dengan rencana pembangunan rumah sakit tersebut, sebagai proses dalam pemanfaatan APBN.

Sebagai langkah awal, Kata dia, pihaknya akan menempatkan tiga dokter ahli pada rumah sakit tersebut, jika telah selesai dibangun yaitu, ahli kandungan, penyakit dalam dan penyakit anak.

Selain itu, sebut dia, pihaknya juga menyekolahkan kurang lebih tiga dokter ke luar daerah, yang nantinya akan ditempatkan pada rumah sakit tersebut.

"Hal ini kami lakukan demi untuk peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, kami memohon dukungan masyarakat agar rumah tersebut dapat dibangun dengan baik dan maksimal di daerah tersebut," katanya.

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa pembangunan yang dilakukan tidak terlepas dari rencana pembangunan daerah sesuai dengan visi misi Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Donggala.