Sulawesi Tengah diprakirakan mengalami cuaca ekstrem

id cuaca sulawesi tengah,cuaca ekstrem,prakiraan cuaca

Sulawesi Tengah  diprakirakan mengalami cuaca ekstrem

Prakirawan Cuaca Stasiun Meteorologi Kelas II Mutiara Sis Aljufri-Palu Affan Nugraha menjelaskan prakiraan cuaca Sulawesi Tengah dalam sepekan di Stasiun Meteorologi Kelas II Palu di Kota Palu, Selasa (11/1/2022). (ANTARA/Muhammad Hajiji)

Palu (ANTARA) - Wilayah Provinsi Sulawesi Tengah berpeluang mengalami cuaca ekstrem dalam tiga sampai tujuh hari mendatang, kata Prakirawan Cuaca Stasiun Meteorologi Kelas II Mutiara Sis Aljufri-Palu Affan Nugraha.

Di Kota Palu, Selasa, mengemukakan kemungkinan terjadi peningkatan curah hujan sehingga melampaui rata-rata curah hujan normal selama musim penghujan.

"Standarnya yaitu 150 milimeter per bulan atau 50 milimeter per 10 hari. Kalau lebih dari pada itu selama tiga bulan berturut-turut, maka kesimpulannya sudah terjadi musim penghujan," katanya.

Menurut dia, peningkatan curah hujan dipengaruhi oleh angin dari timur ke selatan yang melintasi Samudera Pasifik dan Laut Selatan dan membawa masa udara basah. 

Di samping itu, ia mengatakan, belokan angin dari timur menuju selatan yang melewati wilayah Sulawesi Tengah juga meningkatkan potensi hujan.

Kondisi-kondisi tersebut, menurut Affan, juga meningkatkan peluang kejadian cuaca ekstrem seperti hujan deras, angin kencang, petir, gemuruh, puting beliung, dan suhu yang lebih dingin malam hari.