Pemkab Sigi bersiap laksanakan vaksinasi COVID-19 khusus anak

id pemkab sigi,vaksinasi covid,vaksinasi anak,anak sigi,vaksinasi anak sigi,bupati sigi,mohamad irwa

Pemkab Sigi  bersiap laksanakan vaksinasi COVID-19 khusus anak

Bupati Sigi Mohamad Irwan memberikan keterangan kepada wartawan di Palu, Jumat(14/1/2021). ANTARA/Muhammad Hajiji

Palu (ANTARA) - Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemkab) Sigi, Sulawesi Tengah, bersiap melaksanakan vaksinasi COVID-19 dengan sasaran fokus pada anak, untuk membangun kekebalan tubuh anak dari bahaya COVID.

"Hari Senin awal pekan depan, kami akan rapat untuk membahas rencana vaksinasi khusus anak," ungkap Bupati Sigi Mohamad Irwan di Palu, Jumat.

Mohamad Irwan mengatakan Pemkab Sigi dengan TNI serta Polri, melibatkan mitra-mitra terkait perlu menyusun strategi untuk percepatan vaksinasi COVID-19 khusus anak, serta mematangkan persiapan berupa ketersediaan stok vaksin, jenis vaksin yang digunaka, serta ketersediaan tenaga medis.

Karena itu, kata Mohamad Irwan, Pemkab Sigi bersama pihak-pihak terkait akan melakukan pemetaan wilayah pelaksanaan vaksinasi COVID khusus anak.

"Kita targetkan vaksinasi ini dimulai pada bulan Januari ini, karena kami akan memetakkan wilayah terlebih dahulu, untuk ditentukan mana wilayah yang menjadi prirotas utama," sebutnya.

Bupati Mohamad Irwan mengatakan wilayah padat penduduk seperti Kecamatan Sigi Biromaru dan Kecamatan Dolo, akan menjadi wilayah sasaran utama vaksinasi khusus anak.

"Kemungkinan kita akan mulai dari Desa Kalukubula, ini akan menjadi contoh bagi masyarakat khususnya anak-anak di desa lain. Kalau ini sudah berjalan dengan baik dan optimal, baru kita keluar ke wilayah-wilayah lain," ungkap Mohamad Irwan.

Bupati Mohamad Irwan juga mengatakan bahwa Pemkab Sigi akan membagikan jadwal pelaksanaan vaksinasi di masing-masing sekolah, sehingga anak usia sekolah yang telah memenuhi syarat untuk divaksin, agar segera divaksin.

"Sebelum divaksin, tentu anak-anak ini akan diperiksa secara teliti kondisi kesehatannya, untuk menentukan apakah layak divaksin atau tidak. Meskipun usia mereka telah memasuki usia layak vaksin, tetapi harus diperiksa terlebih dahulu. Jangan sampai hal ini menimbulkan masalah baru, olehnya Pemkab Sigi akan hati-hati dalam vaksinasi khusus anak ini," ujarnya.

Pemkab Sigi memperkirakan vaksinasi COVID-19 khusus anak, akan menyasar belasan ribu anak di wilayah Kabupaten Sigi, yang tersebar di 16 kecamatan dan 177 desa.
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2022