Ghana terancam tersisih, Maroko ke-16 besar

id Piala Afrika 2021, Timnas Maroko,Timnas Ghana

Ghana terancam tersisih, Maroko ke-16 besar

Pemain Maroko Selim Amallah dan rekan-rekannya merayakan kemenangan atas Kepulauan Comoros dalam laga  Grup C Piala Afrika 2021 di Stade Ahmadou Ahidjo, Yaounde, Kamerun, 14 Januari  2022. (REUTERS/MOHAMED ABD EL GHANY)

Jakarta (ANTARA) - Maroko memastikan diri lolos ke-16 besar Piala Afrika setelah menggasak Kepulauan Comoros 2-0, sebaliknya Ghana terancam tereliminasi setelah ditahan seri 1-1 oleh Gabon dalam laga Grup C lainnya. Pada hari yang sama Malawi menghidupkan asa dengan menaklukkan Zimbabwe 2-1.

Maroko membuktikan diri bukan tandingan Kepulauan Comoros setelah menang 2-0 untuk mengukuhkan diri di puncak klasemen Grup C sehingga lolos ke babak enam belas besar putaran final Piala Afrika di Kamerun ini.

Selim Amallah mencetak gol pada menit ke-16 yang digandakan Zakaria Aboukhlal pada menit terakhir setelah Youssef En-Nesyri gagal mengeksekusi tendangan penalti pada menit ke-82.


Skor bisa lebih dari 2-0 jika Maroko bisa memaksimalkan semua peluang yang mereka ciptakan dalam pertandingan menghadapi debutan Piala Afrika yang berlangsung di Stadion Ahmadou Ahidjo itu.

Maroko kini mengoleksi enam poin, sedangkan Comoros belum pernah menang. Gabon menempel pada urutan kedua dengan empat poin, disusul Ghana satu poin.

Ghana di ambang tereliminasi setelah imbang 1-1 melawan Gabon berkat gol dua menit menjelang akhir pertandingan yang dilesakkan Jim Allevinah.


Ghana yang empat kali juara Piala Afrika memimpin pada menit ke-18 lewat gol hasil tendangan kaki kiri nan menakjubkan yang disarangkan kapten Andre Ayew.

Gabon yang baru mengemas satu poin dari dua pertandingan Grup C terancam tersingkir jika tidak memenangkan pertandingan berikutnya Selasa pekan depan melawan Kepulauan Comoros.

Laga Gabon melawan Ghana juga diwarnai perkelahian yang berakhir dengan kartu merah untuk pemain Ghana Benjamin Tetteh untuk perannya dalam perkelahian itu.

Gabon tidak diperbolehkan menurunkan kapten Pierre-Emerick Aubameyang yang meski sudah bebas dari isolasi COVID-19 dilarang bermain oleh Konfederasi Sepak Bola Afrika.

Pada pertandingan lain dalam Grup B di Stadion Kouekong di Bafoussam, dua gol Frank Mhango memastikan Malawi menaklukkan Zimbabwe 2-1 sehingga menghidupkan asa Malawi lolos ke-16 besar.

Ishmael Wadi membawa Zimbabwe unggul pada babak pertama namun disamakan Mhango sebelum jeda. Mhango kemudian menciptakan kembali satu gol pada menit ke-58 setelah memanfaatkan rapuhnya pertahanan lawan.

Malawi kini mengantongi tiga poin dari dua pertandingan sehingga berada pada urutan ketiga di bawah Senegal dan Guinea yang sama-sama mengemas empat poin. Zimbabwe dipastikan tersisih karena kalah dalam dua laga.

Malawi yang hanya sekali menang selama mengikuti Piala Afrika ketika menumbangkan Aljazair 3-0 pada 2010, akan menghadapi Senegal dalam laga terakhir Grup B, sedangkan Zimbabwe bertemu Guinea.

Malawi kembali dengan kekuatan penuh setelah kehilangan 13 pemain saat kalah melawan Guinea dalam laga pembuka, termasuk Mhango.

Striker yang bermain untuk Orlando Pirates di Afrika Selatan itu menjadi ancaman konstan bagi  Zimbabwe yang dengan kecepatan dan ketenangannya menjebolkan dua gol untuk Malawi.

Zimbabwe sendiri menjadi tim yang bermain lebih baik dan membahayakan pada babak pertama dengan dua kali mengancam gawang Malawi dan menyianyiakan sejumlah peluang dari sundulan sebelum akhirnya mencetak gol tapi Mhango akhirnya membunuh peluang mereka melanjutkan petualangan ke babak berikutnya, demikian Reuters.



 
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2022