Bulog Sulteng Mulai Bagi Rastra Di Parimo

id raskin

Bulog Sulteng Mulai Bagi Rastra Di Parimo

Ilustrasi (FOTO ANTARA/Basri Marzuki)

Palu,  (antarasulteng.com) - Perum Bulog Sulawesi Tengah mulai membagikan jatah raskin yang kini sudah berubah menjadi rastra, beras untuk warga sejahtera, di Kabupaten Parigi Moutong.

"Beras subsidi itu disalurkan kepada rumah tangga sasaran (RTS) di Kabupaten Parimo milai Senin (1/2) pekan ini," kata Kepala Perum Bulog Sulteng, Maruf di Palu, Selasa.

Ia mengatakan pada pekan depan rastra akan di salurkan di Kabupaten Sigi dan Kota Palu.

Sementara untuk kabupaten lainnya tergantung dari kesiapan pemerintah daerah karena Bulog menyalurkan setelah sudah ada SPA (surat perintah alokasi) dari pemkab setempat.

Dia mengaku penyaluran rastra kali ini lebih cepat dibandingkan pada 2015 karena masyarakat sangat membutuhkan karena harga beras di pasaran sejak awal Januari 2016 melonjak tajam karena musim panen terlambat akibat mundurnya pola tanam beberapa bulan.

Menurut dia, salah satu upaya pemerintah untuk mengantisipasi gejolak harga beras di pasaran, selain kegiatan operasi pasar, juga penyaluran rastra dipercepat.

Bagaimanapun, kata Maruf, yang paling merasakan dampak kenaikan harga beras di pasaran adalah masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Sulteng pada 2016 ini mendapat pagu rastra sama jumlahnya dengan sebelumnya.

Kuota jatah rastra reguler Sulteng tahun ini sekitar 36.000 ton. Setiap KK RTS memperoleh jatah rastra per bulan rata-rata 15 kg dengan harga tetap sama yaitu Rp1.600/kg.