BMKG: Sejumlah Wilayah Sulteng Hujan Deras

id bmkg

BMKG: Sejumlah Wilayah Sulteng Hujan Deras

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika - BMKG (istimewa) (.)

Selain hujan deras, juga disertai angin kencang dan petir
Palu, (antarasulteng.com) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengklaim sejumlah wilayah di Sulawesi Tengah berpotensi hujan deras dalam beberapa hari mendatang.

"Selain hujan deras, juga disertai angin kencang dan petir," kata Kepala BMKG Bandara Mutiara Palu, Kasiron, Rabu.

Ia mengimbau masyarakat untuk waspada, terutama di wilayah yang rawan petir.

Sejumlah wilayah Sulteng yang berpeluang besar diguyur hujan antara lain Kabupaten Morowali dan Morowali Utara, Poso dan Buol.

Selain hujan, angin kencang dan petir, juga perlu diwaspadai gelombang laut cukup tinggi.

Gelombang laut di Parairan Buol dan juga Teluk Tomini bisa mencapai di atas dua meter. Para nelayan perlu waspada untuk menangkap ikan karena resikonya cukup besar.

Curah hujan dalam beberapa hari ke depan, termasuk di Kota Palu diperkirakan meningkat. Namun hujan di Palu lebih pada pengaruh lokal.

Khusus di Palu kebanyakan hujan lokal. Artinya tidak termasuk dalam zona musim. Lagi pula, kata Kasiron, hujan di Kota Palu terbilang unik karena turun tidak merata.

Selama ini biasanya hujan di satu wilayah permukiman penduduk di Kota Palu, tetapi wilayah lain masih dalam satu kota tidak hujan.

Sementara Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Palu, Asri mengingatkan masyarakat yang selama ini bermukim di bantaran Sungai Palu untuk tetap waspada karena banjir kiriman sewaktu-waktu terjadi.

Sungai Palu rawan banjir karena ada beberapa anak sungai yang menyatu atau bermuara di Sungai Palu.