Polda Sulteng mulai buka pelayanan vaksin COVID-19 untuk anak

id vaksinasi,viruscorona,poldasulteng,sulawesitengah

Polda Sulteng  mulai buka pelayanan vaksin COVID-19 untuk anak

Seorang tenaga kesehatan menyiapkan dosis vaksin di salah satu pelayanan vaksinasi COVID-19 di Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah. ANTARA/Kristina Natalia

Palu (ANTARA) - Kepolisian Daerah Sulawesi Tengah kembali membuka pelayanan vaksinasi COVID-19 khusus untuk anak usia 6 sampai degan 11 tahun di fasilitas pelayanan kesehatan (Fasyankes) yang ditunjuk oleh pemerintah setempat dan digelar di sekolah-sekolah.

“Fasyankes Polri yang akan melaksanakan adalah Rumah Sakit Bhayangkara Palu, Poliklinik Biddokkes Polda Sulteng, Poliklinik Polres di wilayah hukum Polda Sulteng,” sebut Kasubbid Penmas Polda Sulteng, Kompol Sugeng Lestari, di Palu, Rabu.

Sugeng menjelaskan, vaksin anak yang akan digunakan adalah sinovac dengan membawa kartu identitas anak (KIA) atau kartu keluarga sebagai persyaratannya.

“Anak yang akan divaksin harus didampingi orangtua,” jelas Sugeng.

Selain membuka pelayanan vaksin untuk anak usia 6-11 tahun, Polda Sulteng juga melayani vaksinasi untuk lanjut usia (lansia) serta boster vaksin dosis ketiga.

Kata Sugeng, pelayanan vaksin dosis tiga untuk kelompok lanjut usia diatas 60 tahun, dilaksanakan dengan vaksin heterolog atau jenis vaksin yang berbeda dengan vaksin 1 dan vaksin 2, setengah dari dosis vaksin 1 dan vaksin 2. Sedangkan untuk usia 18 - 60 tahun menggunakan vaksin Aztra Zeneca setengah dari dosis vaksin 1 dan vaksin 2.

“Pencatatan akan dimasukkan didalam PCare. Dihimbau kepada warga masyarakat yang anak-anaknya berumur 6 - 11 tahun belum divaksin agar segera mendatangi fasyankes, sekolah-sekolah yang mengadakan vaksinasi untuk umur 6 - 11 tahun,” terangnya.

Sugeng berharap masyarakat Sulawesi Tengah mau divaksin dan tidak percaya dengan informasi hoax tentang vaksin COVID-19.

"Masyarakat jangan percaya informasi hoax tentang vaksin, kami juga Polda Sulteng terus membantu pemerintah dalam menyosialisasikan pentingnya vaksin," jelasnya.

“Pelayanan vaksinasi ini juga tetap mematuhi protokol kesehatan dan kita berharap dengan pencapaian vaksin ini, masyarakat sehat dan daerah kita sejahtera,” tambahnya.