Gubernur: Kematian COVID di Jateng didominasi komorbid-belum divaksin

id ganjar pranowo,cek vaksinasi massal,Kematian COVID di Jateng,didominasi komorbid-belum divaksin

Gubernur: Kematian COVID di Jateng didominasi komorbid-belum divaksin

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melihat langsung pelaksanaan Vaksinasi Massal di Kelenteng Sam Poo Kong, Semarang, Kamis (17/2). (ANTARA/HO-Humas Pemprov Jateng)

Semarang (ANTARA) -
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan bahwa angka kematian akibat COVID-19 didominasi orang dengan komorbid atau penyakit penyerta dan belum disuntik vaksin.

"Berdasarkan data hingga 13 Februari 2022, saat ini kematian akibat COVID-19 di Jateng didominasi oleh pasien komorbid dan belum divaksin," katanya di Semarang, Kamis.

Terkait dengan hal itu, Ganjar mengimbau masyarakat untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan, terutama memakai masker saat beraktivitas.

Orang nomor satu di Pemprov Jateng itu juga meminta masyarakat untuk segera melakukan vaksinasi COVID-19.

"Sekarang kita lakukan kembali sosialisasi-sosialisasi kepada masyarakat, minimal terkait masker, sehingga aktivitas dan kegiatan masyarakat bisa tetap berjalan, namun pengawasan protokol kesehatan dilakukan ketat," ujarnya.

Ganjar mengatakan, saat ini beberapa daerah yang mengalami peningkatan jumlah kasus COVID-19, mulai mengaktifkan tempat kembali isolasi terpusat.

Sebagai contoh, Kota Semarang dari tiga isolasi terpusat yang dimiliki Pemprov Jateng di Kota Semarang, baru satu yang dibuka dan mulai terisi.

"Jadi sampai hari ini kita lakukan skenario seperti saat Delta itu, alhamdulillah beberapa rumah sakit umpama kemarin saya cek lapangan mereka yang dulu oksigennya sulit, sekarang mereka sedang menyiapkan tabung atau isotank baru persiapan untuk seandainya terjadi perubahan itu," kara Ganjar. ***3***