Zumi Zola Bersumpah Tangkap Pembakar Hutan

id zumi, zola

Sesuai arahan dari pemerintah pusat, kita akan tindak tegas. Kita akan tangkap pelakunya, tidak ada tawar menawar
Jambi (antarasulteng.com) - Gubernur Jambi Zumi Zola Zulkifli menegaskan pelaku yang dengan sengaja membakar hutan dan lahan di wilayahnya akan ditangkap.

"Sesuai arahan dari pemerintah pusat, kita akan tindak tegas. Kita akan tangkap pelakunya, tidak ada tawar menawar," kata Zumi di Jambi, Minggu.

Saat ini Jambi memang menghadapi musim hujan, namun sesuai prediksi BMKG Jambi akan kembali mengalami musim kemarau beberapa bulan ke depan sehingga Jambi akan kembali menghadapi musibah kabut asap.

Gubernur muda ini meminta kabupaten dan kota mengambil tindakan pencegahan sedini mungkin kebakaran hutan di Jambi.

"Kita juga akan rapat bersama Forkompimda Jambi, Pemda kabupaten/ kota dan semua perusahaan yang memiliki izin perkebunan. Jadi kita satu semangatlah untuk mengantisipasi bencana kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan. Kita tidak mau kecolongan seperti tahun lalu," tegas dia.

Zumi menuding kaum pendatang lebih sering berlaku sebagai pelaku kebakaran lahan dan hutan di provinsi tetangga Jambi, Riau.

"Gubernur Riau bilang ke saya, bahwa kebakaran di sana sering terjadi karena pendatang membuka lahan dengan dibakar. Dan itu bisa saja terjadi di Jambi, jadi saya bersama Pak Danrem mohon bantuan kerjasama semua pihak karena kita akan melakukan tindakan tegas," tandas Zumi.
Pewarta :
Editor :
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar