China latih 600 guru sekolah kejuruan Indonesia

id Atdikbud KBRI Beijing,Atdikbud RI,China latih guru vokasi Indonesia,China beri pelatihan guru Indonesia

China latih 600 guru sekolah kejuruan Indonesia

Tangkapan layar guru-guru sekolah kejuruan di Indonesia saat mengikuti pelatihan secara daring yang difasilitasi KBRI Beijing dan CLEC pada 14-23 Maret 2022. (ANTARA/M. Irfan Ilmie)

Beijing (ANTARA) - Pemerintah China memberikan pelatihan secara daring kepada 600 tenaga pengajar dari berbagai sekolah kejuruan di Indonesia, kata Kedutaan Besar RI di Beijing.

"Pelatihan ini yang pertama kalinya digelar pada tahun ini," kata Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Beijing Yaya Sutarya, Minggu.

Pelatihan itu mencakup tiga bidang, yakni e-dagang, teknologi jaringan komputer, dan manajemen logistik, yang masing-masing diikuti oleh 200 guru sekolah menengah kejuruan (SMK) di Indonesia.

Menurut Yaya, pelatihan pada 14-23 Maret itu merupakan kerja sama Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemenristek Dikti) RI, Kementerian Pendidikan China (MoE), KBRI Beijing, ASEAN-China Center, dan The Center for Language Education and Cooperation (CLEC).

Direktur SMK Kemenristek Dikti Wardani Sugiyanto mengatakan pelatihan tersebut adalah bagian dari upaya peningkatan kualitas pengajar dalam mempersiapkan lulusan pendidikan kejuruan yang tidak hanya andal secara kognitif, tapi juga terampil dan berjiwa kepemimpinan serta kewirausahaan di bidang teknologi informasi dan komunikasi.

"Bagi kami pelatihan ini sangat diperlukan dalam mewujudkan pendidikan nasional yang berkualitas," kata Tri Sapto Aji, guru animasi dan media interaktif SMK Negeri 4 Manokwari, Papua Barat, yang mengikuti pelatihan itu secara daring.

Wakil Kepala Perwakilan KBRI Beijing Dino R Kusnadi berharap program tersebut berlanjut pada tahun-tahun berikutnya.

Tahun lalu, KBRI Beijing dan CLEC beberapa kali memfasilitasi program pelatihan secara daring untuk para pendidik di Indonesia.