Wali Kota: Manado Harus Raih Adipura 2016

id adipura

Wali Kota: Manado Harus Raih Adipura 2016

Piala Adipura (antaranews)

Tahun lalu, kita gagal meraih piala Adipura karena tidak mencapai nilai seperti yang disyaratkan oleh kementerian lingkungan hidup (KLH), maka tahun ini harus dapat
Manado,  (antarasulteng.com) - Pejabat wali kota Manado, Royke Roring, menyatakan, Manado, harus mendapatkan dan meraih kembali penghargaan Adipura untuk 2016.

"Tahun lalu, kita gagal meraih piala Adipura karena tidak mencapai nilai seperti yang disyaratkan oleh kementerian lingkungan hidup (KLH), maka tahun ini harus dapat," kata Roring, di Manado, Minggu.

Roring mengatakan, untuk melaksanakan tekad Manado meraih Adipura untuk tahun ini, pemerintah terus mengimbau dan mengajak warga kota untuk menjadikan kebersihan sebagai gaya hidup, bukan hanya  sekadar bersih saat dilihat.

Seluruh aparat pemerintah harus menggerakan dan mengingatkan warga Manado, menjaga kebersihan terutama dengan membuang sampah pada tempatnya, jangan hanya karena akan kena sanksi tetapi karena itu adalah kewajiban sebagai warga Manado.

"Saya sudah sering berkeliling Manado bersama ketua tim penggerak PKK yang menggunakan motor dan masih menemukan banyak selokan atau saluran air dipenuhi sampah, ini menjadi perhatian serius bersama," katanya.

Dia mengatakan, setiap kepala lingkungan, lurah hingga camat harus bisa mengarahkan warganya membuang sampah pada tempatnya. "Jangan bosan untuk mengingatkan hal tersebut, sebab bagaimanapun kebersihan tetaplah tanggungjawab bersama, bukan hanya pemerintah semata."
Sementara tim penilaian Adipura dari KLH sudah menyelesaikan tugasnya memantau di Manado selama 5 hari di Manado, dan mengunjungi seratus titik, mulai dari terminal, kawasan tempat tinggal, pasar, puskesmas, Tempat Pembuangan Akhir (TPA) dan tempat umum lainnya.

Salah satu anggota tim penilaian Adipura dari KLH Agus Suprianti, mengatakan, inti penilaian ini adalah TPA, yang bermuara pada pengurangan sampah.

"Sesuai  UU nomor 18/2008 Adipura itu intinya adalah pengurangan sampah, jika TPA tidak memadai atau tidak memenuhi standar maka selesai semuanya," katanya.

Agus mengakui ada sedikit perubahan, pada kondisi TPA Sumompo saat ini, jika dibandingkan tahun lalu, dimana sekarang lebih baik, sebab sudah ada pembenahan sana sini.

Sedangkan mengenai kebersihan lingkungan, kata Agus menjadi tanggung jawab camat dan lurah sedangkan TPA yang mengurus pemerintah kota, sebab itu pihaknya mengapresiasi pemerintah Kota Manado karena telah berupaya untuk melakukan pembenahan, agar bisa mendapatkan kembali penghargaan yang terlepas pada 2015 lalu.