Kodim 1308/LB gelar serbuan vaksin di tiga kabupaten di Sulteng

id vaksin, covid-19, kodim1308, banggai, sulawesitengah

Kodim 1308/LB  gelar serbuan vaksin di tiga kabupaten di Sulteng

Arsip foto - Komando Distrik Militer (Kodim) 1308/LB menggelar serbuan vaksin COVID-19 selama bulan Ramadhan di Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah Rabu 13/04/2022 malam. ANTARA/HO- (Kodim 1308/LB)

Banggai (ANTARA) - Komando Distrik Militer (Kodim) 1308/LB menggelar serbuan vaksin COVID-19 selama bulan Ramadhan di tiga kabupaten di Sulawesi Tengah.

“Tiga kabupaten tersebut, yakni Kabupaten Banggai, Banggai Kepulauan dan Banggai Laut,” sebut Komandan Kodim 1308/LB Letkol Infanteri Dony Gredinand dihubungi Kamis.

Dony mengatakan serbuan vaksin dimulai sejak tanggal 5 April dan akan berakhir 30 April 2022 mendatang dengan sasaran masyarakat yang tinggal pulau.

“Kami bukan hanya melaksanakan vaksin di Kabupaten Banggai tetapi kami menyeberang ke pulau lain dan jadwalnya sudah kami susun,” tutur Dony.

Serbuan vaksin COVID-19 juga bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) di masing-masing kabupaten. Gerai vaksinasi dibuka pagi hingga malam hari.

Dony mengatakan gerai tersebut dibuka di tempat-tempat keramaian dan melayani vaksinasi anak dan lansia.

“Pagi buka pukul 10.00 Wita sampai dengan 11.00 Wita kemudian lanjut 14.00 Wita sampai 17.00 Wita dan malam kami buka pukul 20.00 Wita sampai 23.00 Wita,” jelasnya.

Menurut Dony, dengan diadakannya serbuan vaksin COVID-19 maka capaian vaksinasi juga meningkat. Dalam sehari, Kodim 1308/LB akan melayani hingga 250 orang.

“Respon masyarakat sangat tinggi, saat kami buka gerai satu persatu masyarakat sudah datang. Malam saja kami layani sampai 150 orang belum terhitung yang pagi dan siang,” kata Dony.

Saat ini pihaknya juga telah berkoordinasi dengan pemerintah daerah di masing-masing kabupaten untuk menambah stok vaksin.

“Vaksin kita ada Moderna, Pfizer dan Sinovac. Kami juga sudah kordinasi agar pemerintah membantu kami dalam hal penyediaan vaksin,” terangnya.

Selain melaksanakan vaksinasi, pihaknya juga memberikan edukasi tentang bahaya COVID-19 serta pentingnya vaksin.

"Kami tetap utamakan protokol kesehatan dan kami terus beri pemahaman kepada masyarakat agar mau divaksin dan mengajak keluarga dan kerabatnya untuk divaksin," demikian Dony.