Petugas minta pemudik waspadai cuaca ekstrem saat musim mudik

id Mudik Lebaran 2022,Arus Mudik Jakarta,Pospam Kalimalang,Mudik Kalimalang

Petugas minta pemudik waspadai cuaca ekstrem  saat musim mudik

Tim kesehatan memeriksa petugas kepolisian yang mengawal arus mudik di Posko Mudik Pangkalan Jati, Kalimalang, Jakarta Timur, Sabtu (1/5/2022) malam. (ANTARA/Ricky Prayoga)

Jakarta (ANTARA) - Petugas kesehatan Posko Kesehatan Pangkalan Jati Jakarta Timur mengimbau pemudik yang menggunakan sepeda motor agar mewaspadai cuaca ekstrem saat musim arus mudik perdana usai pandemi COVID-19.

"Untuk kejadian menonjol belum ada, tapi kami imbau masyarakat untuk menjaga kesehatan karena ini mudik perdana masa pandemi setelah dua tahun tidak diperbolehkan, jadi ada kemungkinan macet dan cuaca juga belakangan ekstrem panas dan hujan," kata petugas kesehatan dokter Femi Dwi Mutasani di Posko Kesehatan Pangkalan Jati, Jakarta Timur, Minggu malam.



Dokter yang bertugas di Puskesmas Duren Sawit Jakarta Timur itu menjelaskan pemudik rawan mengalami gangguan pernafasan saat terjadi cuaca ekstrem.
 
"Karenanya diharapkan untuk membawa obat-obatan pribadi dalam perjalanan," ucap Dwi.
 
Dwi menuturkan pemudik harus menjaga pola makan dan waktu istirahat saat musim arus mudik perdana selepas pandemi COVID-19.
 
"Karena kan ini kemungkinan macet jadi waktu makan ada kemungkinan terganggu sehingga berpotensi mengganggu pencernaan seperti asam lambung yang naik. Karenanya lebih baik siapkan makanan di kendaraan khawatir tidak sempat makan, siapkan obat-obatan pribadi dan vitamin untuk menjaga stamina juga penting," ujar Dwi.
 

Dari pantauan di Posko Pengamanan Mudik 2022 Persimpangan Pangkalan Jati, Duren Sawit, Jakarta Timur sejak pukul 09.00 WIB hingga pukul 17.30 WIB tidak terlihat rombongan besar pemudik bermotor yang membawa barang bawaan banyak atau pemudik yang menggunakan mobil.
 
Namun, berdasarkan pantauan pada pukul 20.30 WIB hingga saat ini, terlihat pemudik dari arah barat menuju ke timur lebih banyak dibanding pagi dan siang tadi, meskipun volume kendaraan yang melintasi berkurang.
 
"Ya memang menurun dibanding kemarin dan dua hari lalu, untuk saat ini lalu lintas lebih lancar," tutur Kepala Pos Pengamanan Pelayanan Mudik Polsek Duren Sawit Ipda Junaedi Effendi.