Pemprov Sulbar berupaya bangun kerja sama ekonomi dengan Sulteng

id Kerjasama laut,Penjabat Gubernur Sulbar

Pemprov Sulbar berupaya  bangun kerja sama ekonomi dengan Sulteng

Penjabat Gubernur Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) Akmal Malik di Mamuju, Senin (23/5/2022) ANTARA Foto/ M Faisal Hanapi

Mamuju (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) berupaya membangun kerja sama ekonomi dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) menggunakan jalur laut.

"Pemerintah Sulbar dan Sulteng akan bekerja sama di bidang ekonomi dengan menggunakan jalur laut untuk meningkatkan perekonomian kedua daerah," kata Penjabat Gubernur Sulbar Akmal Malik di Mamuju, Senin.

Ia mengatakan pemanfaatan jalur laut untuk kerja sama bidang ekonomi antarprovinsi cukup potensial dan dinilai aman seperti antara Kota Palu (Sulteng) dengan  Mamuju dan Pasangkayu (Sulbar), serta dengan Balikpapan (Kalimantan Timur) dan Kota Tawao di negara Malaysia.

Bentuk kerja sama dimaksud antara lain memberikan kemudahan distribusi barang produk pertanian dan sumber daya alam lainnya melalui jalur laut sehingga pendapatan petani dan pedagang serta pihak terkait lainnya semakin baik.  

Selain itu, akses transportasi umum yang menghubungkan Mamuju dengan Kota Palu, dan Mamuju dan Kot Makassar hingga Kota  Metropolitan Jakarta, juga penting untuk digalakkan.

"Kerja sama ini diharapkan segera terealisasi dan Pemerintah Provinsi Sulbar dan Sulteng sepakat untuk mulai merintisnya," katanya.

Ia mengatakan kerja sama ini dirintis untuk menyambut Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur karena Sulbar dan Sulteng merupakan daerah penyangga ibu kota baru itu. 

Ia berharap potensi sumber daya kekayaan alam di daerah dapat dikelola secara maksimal dengan adanya kerja sama ekonomi jalur laut tersebut.

"Sulteng telah berhasil membangun Badan Usaha Milik Desa (BUMD) dan telah berdampak bagi kemajuan daerahnya dengan mengelola sumber daya alamnya," katanya.

Akmal menambahkan, Sulbar juga kedepannya akan membangun badan usaha milik daerah dan menjadikan Sulteng sebagai contoh karena dinilai berhasil membangun BUMD yang nantinya akan dijadikan mitra kerja sama membangun ekonomi kedua daerah.