Jamaah calhaj nilai pelayanan petugas haji Indonesia mantap

id Haji 2022,petugas haji

Jamaah calhaj nilai pelayanan petugas haji Indonesia mantap

Jamaah calon haji Indonesia menaiki bus shalawat ke Masjidil Haram, Mekkah. (ANTARA/Desi Purnamawati)

Mekkah (ANTARA) - Calon haji (Calhaj) asal Embarkasi Ujung Pandang (UPG 3) Abustan Suddin asal Bone mengakui pelayanan petugas haji Indonesia mantap. "Ya mantap, bagus sekali pelayanannya," kata Abustan yang tiba di Mekkah, Senin.

Dia menilai pelayanan petugas sangat baik, seperti pelayanan kesehatan, pelayanan akomodasi begitu juga layanan konsumsi. "Makanannya dijaga terus, diperhatikan terus dan petugas juga banyak, ada dimana-mana, jadi kalau jamaah butuh bantuan langsung dilayani," tambah Abustan.

Ia mengaku puas dengan kesigapan dan layanan petugas, bahkan sampai di hotel juga masih dilayani, termasuk untuk hal kecil sekalipun seperti mengisi kembali daya baterai.

Senada juga disampaikan jamaah calon haji asal Embarkasi Solo (SOC) asal Grobogan, Jawa Tengah Laily Fauziah yang memiliki komorbid darah tinggi.

Ia mengaku layanan kesehatan yang diberikan petugas sangat bagus, sigap dan cepat. "Saya sulit berjalan, jauh sedikit tidak kuat, harus di dorong dan dibantu oleh petugas, alhamdulillah," kata Laily.

Dia mengatakan makanan yang disediakan selama di Tanah Suci cocok dan sesuai dengan selera.

Tahun ini jamaah haji Indonesia mendapatkan tiga kali makan, yaitu pagi, siang dan malam, sementara sebelumnya hanya dua kali makan. Menu yang disajikan juga bervariasi dan disesuaikan dengan cita rasa Indonesia.

Begitu juga dengan transportasi, jamaah diberikan layanan bus shalawat yang beroperasi selama 24 jam secara gratis mengantarkan dari hotel ke Masjidil Haram dan sebaliknya.

Hingga saat sebanyak 4.419 jamaah calon haji Indonesia gelombang kedua dari 12 kloter terbang dari Tanah Air tiba di Jeddah pada Selasa, selanjutnya mereka akan diberangkatkan ke Mekkah, Arab Saudi.

Data yang dihimpun Media Center Haji (MCH) di Mekkah, Selasa, 12 kloter tersebut yaitu dari Embarkasi Banjarmasin (BDJ 7) sebanyak 347 jamaah, Embarkasi Solo (SOC 25) sebanyak 360 jamaah.

Kemudian dari Embarkasi Jakarta-Pondok Gede (JKG 27) sebanyak 393 jamaah, Embarkasi Ujung Pandang (UPG 4) sebanyak 393 jamaah.

Lalu sebanyak 58 jamaah Embarkasi Aceh (BTJ 6), Embarkasi Medan (MES 10) sebanyak 305 orang, Embarkasi Jakarta-Bekasi (JKS 23) sebanyak 410.

Selanjutnya Embarkasi Surabaya (SUB 24) sebanyak 450 orang, Embarkasi Batam (BTH 6) berjumlah 450 jamaah, Embarkasi Jakarta-Bekasi (JKS 24) sebanyak 410 orang, lalu Embarkasi Surabaya (SUB 25) sebanyak 450 orang dan Embarkasi Lombok (LOP 2) 393 orang jamaah.

Selain itu, jamaah calon haji gelombang pertama dari Madinah juga masih terus berdatangan ke Mekkah, terdata pada hari ini sebanyak 3.551 orang dari sembilan kloter diberangkatkan Selasa dari Madinah.

Dirincikan, sebanyak 390 jamaah haji dari embarkasi Jakarta-Pondok Gede (JKG 15), kemudian sebanyak 410 jamaah dari embarkasi Jakarta-Surabaya (JKS 12).

Lalu dari Embarkasi Solo (SOC 13) sebanyak 354 jamaah, kemudian Embarkasi Surabaya (SUB 12) sebanyak 450 jamaah, selanjutnya Embarkasi Surabaya (SUB 13) sebanyak 450 jamaah.

Kemudian Embarkasi Medan (MES 2) sebanyak 391 jamaah, Embarkasi Jakarta-Pondok Gede (JKG 16) sebanyak 391 jamaah, Embarkasi Banjarmasin (BDJ 1) sebanyak 356 jamaah dan Embarkasi Solo (SOC 14 ) sebanyak 359 jamaah.*
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2022