Tiga sektor potensial di Sulteng disiapkan jadi penyangga IKN

id Ikn, Pemprov Sulteng, Rudy Dewan, pangan, transportasi, pelabuhan, tambang

Tiga sektor potensial di Sulteng disiapkan jadi penyangga IKN

Ilustrasi- Suasana bongkar muat peti kemas saat matahari akan tenggelam di Pelabuhan Pantoloan, Palu, Sulawesi Tengah, Selasa (5/5/2020). ANTARA/Mohamad Hamzah

Palu (ANTARA) -
Pemerintah Sulawesi Tengah saat ini sedang menyiapkan tiga sektor potensial di provinsi itu yakni transportasi, pertanian dan pertambangan untuk dijadikan bagian dari penyangga Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur.
 
"Kami sudah menandatangani nota kesepahaman di Mamuju beberapa waktu lalu, dan Sulteng menyatakan diri siap menjadi salah satu dari lima provinsi yang akan mendukung serta menjadi penyangga IKN," kata Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Pemprov Sulteng Rudy Dewan di Palu, Selasa.
 
Rudy menjelaskan, salah satu bentuk dukungan yang telah dilakukan Pemprov Sulteng menjadi daerah penyangga yakni, membangun satu pelabuhan di Kabupaten Donggala.
 
Sehingga, secara rinci Sulteng memiliki dua pelabuhan besar guna memperlancar angkutan penumpang maupun barang, dan salah satunya difokuskan sebagai pendukung penuh transportasi laut penunjang IKN.
 
Upaya lain dilakukan Sulteng yakni, menyiapkan lahan seluas 1.123 hektare untuk di masukan dalam program food estate pada sektor pertanian untuk penunjang pangan nasional.
 
"Tidak menutup kemungkinan lahan food estate dialokasikan 1.123 hektare di Donggala berkembang dengan rencana pengembangan seluas 26 ribu hektare," ujar Rudy.
 
Asisten Deputi Planologi Kementerian Maritim dan Investasi, Sugeng (ketiga dari kanan) tengah meninjau langsung lahan seluas 1.123 hektare yang akan difungsikan sebagai food estate penyangga kebutuhan pangan Ibu Kota Negara Nusantara (IKN) di Kabupaten Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah, Kamis (16/6/2022). ANTARA/HO-Humas Pemprov Sulteng

Ia menambahkan, nantinya dalam kawasan pangan nusantara akan ditanami komoditas utama jagung dan kedelai, bawang serta tanaman hortikultura lainnya.
 
Selain itu, Sulteng juga menjamin turut berkontribusi besar terhadap material yang diperuntukkan bagi pembangunan kawasan perkantoran IKN nanti.

"Termasuk material batu-batuan menjadi komitmen kita akan mendukung pembangunan IKN, karena wilayah tambang galian C di daerah ini sudah cukup dikenal kualitasnya, termasuk pembangunan sirkuit Mandalika menggunakan material dari Sulteng," demikian Rudy.
 
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2022