FKUB Sulteng susun strategi penguatan kerukunan umat beragama

id fkub ,fkub sulteng,prof zainal abidin,kesbangpol,kemenag,kerukunan umat beragama

FKUB Sulteng  susun strategi penguatan kerukunan umat beragama

FKUB Provinsi Sulteng melibatkan Kemenag dan Kesbangpol dari 12 kabupaten dan satu kota se-Sulteng dalam lokakarya FKUB se-Sulteng untuk penyusunan strategi penguatan kerukunan umat beragama, di Palu, Jumat. (ANTARA/Muhammad Hajiji)

Palu (ANTARA) - Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) menyusun strategi untuk penguatan kerukunan umat beragama demi menopang pembangunan kedamaian dan keharmonisan antarsesama manusia.

"FKUB membutuhkan saran dan masukan dari berbagai komponen dan elemen terkait dengan penguatan kerukunan umat beragama di Sulteng," ucap Ketua FKUB Sulteng Prof KH Zainal Abidin MAg di Palu, Jumat.

Penyusunan strategi itu dilakukan oleh FKUB Sulteng lewat lokakarya FKUB se-Sulteng yang menghadirkan pengurus FKUB dari 12 kabupaten dan satu kota, serta Kesbangpol dan Kemenag kabupaten dan kota se-Sulteng, dimulai tanggal 24 - 25, di Palu.

Lokakarya itu, kata Zainal, menjadi ajang penting untuk saling tukar menukar informasi dan pengalaman, serta saling memberikan ide dan gagasan terkait dengan strategi penguatan kerukunan di wilayah Sulteng.

"Strategi penguatan kerukunan umat beragama, harus dibicarakan secara intens dan berkelanjutan yang melibatkan semua pihak dan para tokoh agama di daerah ini," ungkapnya.

Zainal Abidin mengemukakan strategi yang disusun, nantinya akan menjadi acuan dan pedoman bersama bagi FKUB, Kemenag dan Kesbangpol dalam penguatan kerukunan di wilayah Sulteng.

"Ini akan menjadi satu modul panduan penguatan strategi pembangunan kerukunan umat beragama," ujarnya.

Terkait hal itu Plt Kepala Kanwil Kemenag Sulteng Makmur M Arif menilai penyusunan strategi untuk penguatan dan peningkatan kualitas kerukunan di Sulteng sangat penting dilakukan.

"Kemenag tentu memberikan dukungan terhadap FKUB," ungkapnya.

Ia mengatakan bahwa sinergi multipihak untuk pembangunan kerukunan harus digencarkan dan dikedepankan, dengan melakukan berbagai program-program dan kegiatan pembinaan umat.

Sementara itu Kepala Kesbangpol Provinsi Sulteng Fahruddin Yambas mengatakan kerukunan menjadi modal besar dalam menyukseskan penyelenggaraan pembangunan daerah.

"Karena itu, upaya membangun, meningkatkan kualitas kerukunan umat beragama lewat berbagai metode menjadi hal yang sangat penting," sebutnya.

Kesbangpol, ujar dia, mendukung penuh lokakarya penyusunan strategi penguatan kerukunan umat beragama yang digagas oleh FKUB Sulteng.
Foto bersama Kepala Kesbangpol dari 12 kabupaten dan satu kota dengan Ketua FKUB Sulteng dan Pejabat Mewakili Gubernur Sulteng, di sela-sela lokakarya FKUB se-Sulteng untuk penyusunan strategi penguatan kerukunan umat beragama, di Palu, Jumat. (ANTARA/Muhammad Hajiji)