Pemkot Palu Gandeng IAIN Gelar Seminar Pendidikan

id pasha

Pemkot Palu Gandeng IAIN Gelar Seminar Pendidikan

Seminar Nasional Pendidikan Wakil Wali Kota Palu, Sigit Purnomo Said (kiri) dan Rektor IAIN Palu Prof. Dr Zainal Abidin (foto antara/Muhammad Hajiji)

Seminar merupakan bagian dari transformasi ilmu pengetahuan kepada guru, yang menjadi rangkaian kegiatan dalam menyambut hari pendidikan nasional
Palu,  (antarasulteng.com) - Pemerintah Kota Palu, Sulawesi Tengah, menggandeng Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu untuk menggelar seminar pendidikan sebagai rangkaian kegiatan menyambut Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2016.

Wakil Wali Kota Palu, Sigit Purnomo Said menyatakan di Palu, Rabu, seminar pendidikan menjadi salah satu instrumen dalam mengasah dan mengembangkan kualitas guru di daerah tersebut.

"Seminar merupakan bagian dari transformasi ilmu pengetahuan kepada guru, yang menjadi rangkaian kegiatan dalam menyambut hari pendidikan nasional," kata Sigit Purnomo Said yang lebih dikenal dengan Pasha Ungu itu.

Mantan vokalis band Ungu itu menyebut peningkatan sumber daya manusia meliputi tenaga pendidik dan murid, menjadi upaya yang penting dilakukan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa yang berdampak pada pembangunan peradaban manusia.

Dimana, kata dia, mencetak generasi muda atau siswa-sisiwi mulai dari taman kanak-kanak, sekolah dasar, SMP dan SMa sederajat, untuk memiliki keterampilan dan kulitas intelektual yang baik, dibutuhkan tenaga-tenaga pendidik yang terampil di berbagai bidang.

Untuk memenuhi target capaian pendidikan yang maksimal dibutuhkan tenaga pendidikan yang memiliki jiwa pendidik ditunjang dengan kemampuan komunikasi, serta kemampuan menyelesaikan masalah pendidikan yang dialami siswa.

Olehnya, kata Sigit, Pemerintah Kota Palu berupaya melakukan hal itu dengan mengedepankan berbagai strategi yang salah satunya melaksanakan seminar pendidikan yang diharapkan berdampak pada peningkatan pemahaman, kualitas guru.

"Banyak problem yang dialami oleh guru di lapangan atau di sekolahnya masing-masing, saat melaksanakan tugasnya. Hal itu tentu butuh pendekatan-pendekatan tertentu, olehnya dibutuhkan wawasan yang luas dalam menyikapi problematik pendidikan," ujarnya.

Sementara itu Rektor IAIN Palu Prof. Dr. H. Zainal Abidin, M.Ag, mengatakan IAIN sebagai perguruan tinggi Islam negeri bersedia untuk bekerja sama dengan Pemkot Palu untuk meningkatkan kualitas pendidikan di daerah tersebut.

Pakar pemikiran Islam modern itu menyebut IAIN akan berperan untuk memberikan solusi atas problem yang dialami oleh para guru dan pemangku kepentingan lainnya di daerah tersebut.

"Prinsipnya IAIN selaku perguruan tinggi, terus membantu pemerintah Kota Palu, untuk mencarikan solusi serta memberikan ide dan gagasan bahkan pertimbangan-pertimbangan dalam penyelenggaraan pendidikan, termasuk membentuk guru yang berkualitas," ujarnya.

Seminar pendidikan nasional yang dibuka Wakil wali Kota Palu, Sigit Purnomor Said itu dihadiri oleh Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan Pemkot Palu Ansyar Sutiadi, Rektor IAIN Prof. Dr. H. Zainal Abidin serta para guru TK sampai SMU.