Pemerintah Kabupaten Sigi tingkatkan pelayanan kesehatan bagi warga

id pelayanan kesehatan sigi,peningkatan akses kesehatan,pembangunan kesehatan

Pemerintah Kabupaten Sigi  tingkatkan pelayanan kesehatan bagi warga

Bupati Sigi Mohamad Irwan (kanan) dan Ketua DPRD Sigi Moh Rizal Intjenai (kiri) dalam acara bincang-bincang untuk memperingati ulang tahun ke-14 Kabupaten Sigi di Sigi, Senin (27/6/2022). (ANTARA/Muhammad Hajiji)

Sigi (ANTARA) - Pemerintah Daerah Kabupaten Sigi di Provinsi Sulawesi Tengah berupaya meningkatkan pelayanan kesehatan bagi warganya, antara lain dengan memperluas cakupan program layanan kesehatan gratis di puskesmas dan rumah sakit.

"Pemerintah adalah pelayan masyarakat, kami terus berupaya agar masyarakat dapat mengakses layanan kesehatan," kata Bupati Sigi Mohamad Irwan di Sigi, Senin.

Dalam upaya meningkatkan akses terhadap pelayanan kesehatan, Pemerintah Kabupaten Sigi menjalankan Program Kartu Masagena untuk membantu warga yang tidak masuk dalam daftar penerima bantuan iuran Program Jaminan Kesehatan Nasional yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan.

"Program ini menjangkau masyarakat yang tidak terakomodir dalam BPJS Kesehatan. Lewat Kartu Masagena mereka dapat memperoleh layanan kesehatan gratis di puskesmas dan rumah sakit daerah, termasuk rumah sakit rujukan yang bekerja sama dengan Pemkab Sigi," kata Bupati.

Ia mengatakan bahwa pada 2021 penerima manfaat Program Kartu Masagena tercatat sebanyak 6.977 keluarga dan pada triwulan pertama tahun 2022 sudah ada 244 keluarga yang menerima manfaat dari program tersebut.

Bupati menjelaskan pula bahwa Pemerintah Kabupaten Sigi selama periode 2016 sampai 2020 mengucurkan dana Rp14 miliar lebih untuk biaya pelayanan kesehatan masyarakat miskin dengan jumlah total penerima manfaat pelayanan sebanyak 29.480 orang.

"Tahun 2021 sampai 2022 kami tambah anggaran layanan kesehatan gratis untuk mereka sebanyak Rp4 miliar," katanya.

Selain itu, ia mengatakan, Pemerintah Kabupaten Sigi menyediakan layanan ambulans bagi warga.

Dalam kurun 2016 sampai 2020, Pemerintah Kabupaten Sigi mengucurkan dana Rp7,5 miliar untuk mengadakan 20 ambulans guna mendukung penyelenggaraan pelayanan kesehatan bagi warga.

"Tahun 2021 sampai 2022 ini kami tambah empat unit ambulans, yang ditempatkan di Desa Banasu, Towulu, Nokilalaki, dan Kaleke," kata Bupati.

Pemerintah Kabupaten Sigi selama  2016 sampai 2020 juga menyediakan dana totalRp3,1 miliar untuk mengadakan 13 mobil jenazah.

"Tahun 2021 sampai 2022 ini kami adakan satu unit mobil jenazah untuk masyarakat di Kecamatan Marawola Barat," kata Bupati.