Gempa guncang Ketapang Kalbar magnitudo 5.0, Jayapura Papua magnitudo 3,2

id BMKG ,Gempa ,Kalbar

Gempa guncang Ketapang Kalbar magnitudo 5.0, Jayapura Papua magnitudo 3,2

Tangkapan layar peta guncangan gempa bermagnitudo 5 yang terjadi di Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat pada Jumat (1/7/2022) pukul 05.09 WIB. (ANTARA/HO-BMKG)

Jakarta (ANTARA) -
Gempa mengguncang Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat (Kalbar) pada Jumat pukul 05.09 WIB dengan magnitudo 5.0, demikian dilaporkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Mengutip laman laporan gempa BMKG, Jumat, menyampaikan gempa dengan kedalaman 10 kilometer itu tidak berpotensi tsunami.

Disebutkan, pusat gempa berada di 126 kilometer barat daya Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat tepatnya di titik koordinat 2.57 lintang selatan (LS) dan 109.98 bujur timur (BT).

Hingga berita ini diturunkan belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa tersebut.

BMKG mengimbau agar masyarakat berhati-hati terhadap gempa bumi susulan yang mungkin terjadi.


Selain itu gempa dangkal juga mengguncang Kabupaten Jayapura, Papua pada Kamis pukul 22.22 WIB dengan magnitudo 3.2 dan kedalaman 10 kilometer, demikian dilaporkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Mengutip laman laporan gempa BMKG, Jumat, pusat gempa berada di darat 18 kilometer timur laut Kabupaten Jayapura tepatnya di titik koordinat 2.42 lintang selatan (LS) dan 140.43 bujur timur (BT).

Dilaporkan, gempa bumi itu dirasakan dengan tingkat getaran skala II Modified Mercalli Intensity (MMI) di Sentani.

Menurut BMKG skala MMI merupakan salah satu satuan untuk mengukur kekuatan gempa bumi, terutama jika tidak terdapat peralatan seismometer di tempat kejadian.

Dalam skala II, getaran dirasakan oleh beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Sedangkan skala III, getaran dirasakan nyata dalam rumah dan terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

Skala IV, gempa dirasakan banyak orang di dalam rumah, di luar rumah serta ditandai antara lain jendela atau pintu berderik dan dan dinding berbunyi.

Pada skala V, getaran dirasakan hampir semua orang ditandai dengan barang terpelanting, tiang, dan barang besar bergoyang.