KORMI: Olahraga rekreasi mesti berkontribusi sehatkan warga Kota Palu

id kormi palu,olahraga rekreasi

KORMI:  Olahraga rekreasi mesti berkontribusi sehatkan warga Kota Palu

Sejumlah santriwati membidik sasaran pada kejuaraan panahan tradisional antarpesantren di Palu, Sulawesi Tengah, Kamis (12/5/2022). Selain mencari bibit atlet panahan berprestasi dari lingkungan pesantren, kejuaraan yang diikuti puluhan santri dan santriwati dari pesantren Kawasan Timur Indonesia itu juga dimaksudkan untuk memeriahkan Hari Wafat (Haul) Sayyid Idrus bin Salim Al-Jufri atau Guru Tua, pendiri pendidikan Al-Khairaat. ANTARA/Basri Marzuki

Palu (ANTARA) - Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Kota Palu berupaya menjadikan olahraga rekreasi sebagai olahraga yang diminati, populer dan dapat dijangkau oleh seluruh lapisan masyarakat sehingga berkontribusi mewujudkan warga Kota Palu yang sehat dan bugar.

"Bagaimana KORMI menjadi mitra strategis Pemerintah Kota Palu melakukan pembinaan, menyadarkan dan menggerakkan masyarakat bahwa olahraga itu penting untuk menjaga kesehatan salah satunya dengan melakukan olahraga rekreasi," kata Ketua KORMI Kota Palu Sudaryano Lamangkona di Palu, Jumat.

Maka dari itu, lanjutnya, KORMI Palu mengadakan olahraga rekreasi rutin secara serentak di setiap kecamatan di Palu dengan melibatkan warga dari seluruh lapisan.

Menurutnya olahraga rekreasi merupakan jenis olahraga yang sangat dapat diterima oleh masyarakat, mengingat olahraga tersebut menjangkau masyarakat dari seluruh latar belakang ekonomi seperti jenis olahraga kesehatan dan kebugaran contohnya senam hingga jenis olahraga tradisional dan kreasi salah satu contohnya egrang.

"Olahraga rekreasi masyarakat ini sifatnya tidak eksklusif atau inklusif, sifatnya menghibur masyarakat dan menyenangkan. Artinya siapapun dari berbagai latar belakang ekonomi dapat melakukan olahraga tersebut,"ujarnya.

Apalagi, kata Sudaryano, harga alat atau fasilitas yang dibutuhkan untuk melakukn olahraga rekrasi masyarakat tidak mahal bahkan dapat dibuat dengan bahan-bahan yang tidak perlu dibeli.

Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Palu mendukung upaya KORMI menjadikan olahraga rekreasi sebagai olahraga yang diminati, populer dan dapat dijangkau semua lapisan masyarakat.

"Maka dari itu kita menyiapkan anggaran yang diperuntukkan sebagai dana hibah kepada KORMI Palu agar dapat menjalankan program-program kerjanya, terutama agar olahraga rekreasi dapat dilakukan di semua wilayah," kata Kepala Dispora Kota Palu, Usman.

Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2022