Apri/Fadia taklukan pasangan peringkat satu dunia China

id malaysia open 2022,apriyani rahayu,siti fadia ramadhanti

Apri/Fadia taklukan pasangan peringkat satu dunia China

Arsip foto - Pebulu tangkis ganda putri Indonesia Siti Fadia Silva Ramadhanti (kanan) dan Apriyani Rahayu (kiri) mengembalikan kok ke arah pebulu tangkis ganda putri China Chen Qing Chen dan Jia Yi Fan pada babak final Daihatsu Indonesia Masters 2022 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (12/6/2022). Apriyani/Fadia gagal menjadi juara setelah kalah dua gim langsung 18-21, 12-21. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/aww.

Jakarta (ANTARA) - Ganda putri Indonesia Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti menaklukan sekaligus membalas kekalahan pada pasangan peringkat satu dunia asal China Chen Qing Chen/Jia Yi Fan pada pertemuan kedua yang terjadi di perempat final Malaysia Open 2022 di Kuala Lumpur, Jumat.

Lewat kemenangan 14-21, 21-13, 21-16 di Axiata Arena, pasangan peringkat ke-133 revans dari pertemuan pertama yang terjadi di babak final Indonesia Masters 2022 di Jakarta awal Juni lalu.

Tertinggal pada gim pertama, Apri/Fadia justru bermain semakin solid di dua gim terakhir.

Adu teknik dan strategi mewarnai persaingan di gim kedua. Apri/Fadia memainkan pola yang dinamis dengan perpaduan menyerang dan bertahan. Meski bermain lebih lama enam menit dari gim pertama, yang hanya berjalan 14 menit, namun akhirnya Apri/Fadia sukses menyamakan kedudukan gim menjadi 1-1.

Pada gim penentu, permainan Chen/Jia melemah sehingga memberikan keuntungan bagi Apri/Fadia untuk menekan lebih intensif. Pasangan Indonesia tidak hanya sukses mendulang poin lewat pukulan sendiri, namun juga diuntungkan dengan kesalahan yang berulang kali dilakukan Chen/Jia.

Namun situasi sempat menegangkan saat Apri/Fadia yang unggul 18-7 justru terkejar sebanyak delapan poin secara berturut-turut hingga menjadi 18-15.

Beruntung Apri/Fadia bermain lebih sabar dan tidak terlalu ngotot untuk mematikan lawan, sehingga pengendalian bola mereka lebih stabil dan akhirnya sanggup menyudahi pertandingan dalam 56 menit.

Keberhasilan tersebut menempatkan Apri/Fadia menjadi wakil Indonesia kedua yang lolos ke babak semifinal turnamen level BWF Super 750 di Kuala Lumpur. Sebelumnya, Jonatan Christie dari nomor tunggal putra juga sukses melenggang ke babak empat besar setelah mengalahkan Prannoy H.S. dari India.


Kesuksesan Indonesia juga dipertontonkan ganda putra unggulan keenam Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto meraih kemenangan mudah dengan membungkam pasangan tuan rumah Ong Yew Sin/Teo Ee Yi pada perempat final Malaysia Open 2022 yang hanya berlangsung 33 menit di Kuala Lumpur, Jumat.

Pada pertandingan yang berlangsung di Axiata Arena, Fajar/Rian membukukan skor 21-13, 21-9 atas ganda putra peringkat ke-10 itu.

Sebelumnya, Fajar/Rian mengaku akan mewaspadai permainan Ong/Teo karena pada babak 16 besar berhasil mengalahkan unggulan keempat sekaligus juara Olimpiade Tokyo, yaitu Lee Yang/Wang Chi Lin.

Selain itu, pertandingan yang berlangsung di kandang lawan dengan disaksikan pendukung Malaysia akan menjadi tekanan tersendiri bagi ganda putra Indonesia.

Namun pada nyatanya, permainan juara Indonesia Masters 2022 ini justru sangat lepas dan leluasa mengontrol ritme pertandingan.

Di sisi lain, Ong/Teo yang bermain di hadapan penggemarnya justru tidak bisa mengembangkan permainan. Sempat melakukan serangan kepada pasangan Indonesia namun kerap berakhir dengan mati sendiri.

Satu-satunya keunggulan yang dipegang Ong/Teo ialah pada awal gim kedua, dengan memimpin skor 2-3 atas Fajar/Rian. Namun tak butuh waktu lama bagi Fajar/Rian untuk kembali dominan dan terus menambah perolehan poin hingga gim usai.

Selanjutnya pada babak empat besar turnamen BWF Super 750 ini, Fajar/Rian akan kembali bertemu ganda putra Malaysia yaitu Goh Sze Fei/Nur Izzudin.

Dalam catatan pertemuan BWF, sejauh ini Fajar/Rian memegang keunggulan 5-1 atas ganda putra peringkat 12 itu, termasuk dua kemenangan beruntun dari Swiss Open dan Indonesia Open tahun ini.
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2022