Pemkab Sigi: 2.134 huntap telah selesai dibangun

id Pemkab Sigi,Huntap Sigi,Gempa Sigi,Bupati Sigi,Mohamad Irwan

Pemkab Sigi:  2.134 huntap telah selesai dibangun

Bupati Sigi Mohamad Irwan (ANTARA/Muhammad Hajiji)

Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Pemerintah Daerah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, menyatakan 2.134 hunian tetap (huntap) untuk penyintas gempa dan likuefaksi Sigi telah selesai dibangun dan sudah ditempati warga.

Bupati Sigi Mohamad Irwan, di Sigi, Jumat, mengemukakan hunian tetap permanen yang dibangun oleh pemerintah melalui Kementerian PUPR diperuntukkan kepada warga yang tidak menerima stimulan tahap satu dan dua.

"Kebutuhan hunian tetap untuk Kabupaten Sigi sebanyak 2.600 unit, yang sudah terbangun sebanyak 2.134 unit," kata Mohamad Irwan.

Dalam hal pembangunan hunian tetap permanen, sebut dia, Pemerintah Kabupaten Sigi hanya memfasilitasi atau menyediakan lahan pembangunan.

Pemkab Sigi, kata dia, menyediakan 362 hektare lahan untuk pembangunan hunian tetap berbasis kawasan, yang berada di Desa Pombewe Kecamatan Sigi Biromaru. Dari luas lahan tersebut, 104 hektare lahan untuk pembangunan hunian tetap permanen, dan selebihnya diperuntukkan bagi pembangunan kawasan pendukung ekonomi masyarakat.

"Dari 104 hektare tersebut dapat menampung 1.500 hunian tetap permanen termasuk sarana pendukung seperti jalan, drainase, jembatan dan lainnya. Namun dari luas tersebut, hunian yang telah terbangun 1.177 hunian tetap permanen di huntap berbasis kawasan," ungkapnya.

Ia menerangkan 1.177 hunian tetap permanen yang telah terbangun di huntap berbasis kawasan di Desa Pombewe, dibangun oleh Budha Tzu Chi sebanyak 500 unit, Pemerintah Kota Surabaya 72 unit, dan AHHA Center 605 unit.

Selain hunian tetap kawasan di Pombewe, ia menguraikan, sebanyak 957 hunian tetap permanen satelit juga telah terbangun.

Huntap satelit, ujar dia, dibangun di 20 desa se-Kabupaten Sigi meliputi Desa Lambara, Salua, Tuva, Wisolo, Bulubete, Walatana, Sibalaya Utara, Ramba, Rogo, Balongga, Sibowi, Desa O, Desa Gimpu, Beka, Bomba, Sidondo Satu, Bulupountu Satu, Kalukubula, Jono Oge dan Desa Lolu.

"Pemerintah terus berupa mempercepat pemulihan masyarakat dengan berbagai strategi yang ditempuh, serta membangun kemitraan dengan multi pihak," ujarnya.

Ia menambahkan, pemulihan masyarakat pascagempa dan likuefaksi Sigi tahun 2018, menjadi prioritas dalam penyelenggaraan pembangunan daerah.
Arsip Foto-Bupati Sigi Mohamad Irwan didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum bersama Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Sulawesi II melakukan peninjauan sarana dan fasilitas hunian tetap di Desa Pombewe, yang dibangun oleh Kementerian PUPR, Senin. (ANTARA/HO-Dok Prokopim Setda Pemkab Sigi)