Pemkab harap BNPB bantu Sigi dalam pengurangan risiko bencana

id Pemkab Sigi,Bupati Sigi,Mohamad Irwan,Pengurangan Risiko Bencana,Bnpb

Pemkab harap BNPB  bantu Sigi dalam pengurangan risiko bencana

Bupati Sigi Mohamad Irwan di Sigi, Senin. (ANTARA/Muhammad Hajiji)

Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, berharap Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) membantu pemerintah daerah setempat dalam pengurangan risiko bencana. 

"APBD Sigi sangat terbatas, sehingga kami sangat mengharapkan dukungan dari pemerintah pusat, termasuk BNPB dalam upaya pengurangan risiko dan penanggulangan dampak bencana," kata Bupati Sigi Mohamad Irwan di Sigi, Selasa. 

Bupati Sigi mengatakan pihaknya telah menyerahkan proposal program penataan normalisasi sungai kepada Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto saat melakukan kunjungan kerja ke wilayah Sulteng pada hari Minggu, (31/7).

"Sungai di Kabupaten Sigi cukup panjang mulai dari wilayah Kecamatan Dolo sampai ke Kecamatan Gumbasa dan Kulawi telah mengalami kerusakan DAS, jika di musim penghujan dengan intensitas tinggi, cenderung terdampak banjir bandang," " ujar Irwan. 

Selain penataan sungai, Irwan menerangkan proposal tersebut juga memuat tentang permohonan pembangunan jembatan yang rusak akibat terdampak gempa dan likuefaksi tahun 2018.

"Memang ada sebagian yang ditangani oleh PUPR, namun sebahagiannya belum diperbaiki. Nah ini yang kami usulkan agar mendapat dukungan dari pemerintah pusat," kata dia.

Rencana pembangunan jembatan yang diusulkan itu, kata dia, berada di wilayah terdampak bencana alam gempa, likuefaksi dan banjir bandang tersebut. 

Irwan menambahkan proposal itu juga memuat tentang permohonan perbaikan irigasi yang rusak karena terdampak bencana alam gempa bumi, likuefaksi, banjir bandang, terutama irigasi pertanian di wilayah Kecamatan Palolo.

"Kami berharap besar, pihak BNPB dapat menindaklanjuti usulan kami," ujarnya.
Wakil Bupati Sigi Samuel Yansen Pongi (tengah) saat meninjau sungai di wilayah Kecamatan Kulawi yang meluap akibat kerusakan DAS (ANTARA/HO-Dok Prokopim Setda Pemkab Sigi)
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2022