DPD RI sosialisasi empat pilar kebangsaan kepada pelajar di Kabupaten Sigi

id Dpd pilar

DPD RI sosialisasi empat pilar kebangsaan kepada pelajar di Kabupaten Sigi

Anggota DPD-MPR RI Muhammad J Wartabone menyerahkan paket buku tentang empat pilar kebangsaan kepada sejumlah pelajar perwakilan sekolah tingkat SMP dan SMA di Sigi, yang mengikuti sosialisasi sekaligus diskusi tentang empat pilar kebangsaan di Sekolah Sukma Bangsa Sigi, Sulawesi Tengah, Selasa (2/8/2022). ANTARA/Kristina Natalia

Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Anggota DPD-MPR RI Muhammad J Wartabone menyosialisasikan empat pilar kebangsaan kepada pelajar sejumlah SMP dan SMA di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, yang diselenggarakan di Sekolah Sukma Bangsa, Desa Maku Kecamatan Dolo.

"Pentingnya menanamkan nilai-nilai dalam empat pilar kebangsaan agar anak-anak kita termotivasi untuk merawat semangat kebangsaan," kata Muhammad Wartabone di Sigi, Selasa.

Wartabone mengatakan sosialisasi empat pilar kebangsaan ini untuk menumbuhkan toleransi para pelajar di Kabupaten Sigi.

Selain melakukan sosialisasi, pihaknya juga terus mendorong agar mata pelajaran pendidikan moral Pancasila dikembalikan sebagai mata pelajaran wajib.

"Secara pribadi saya tetap berjuang bahkan sudah ada komitmen sekarang, baik DPR RI maupun kementerian akan mengembalikan nilai-nilai ajaran Pancasila ini mulai dari pendidikan dasar," ujarnya.

Menurut dia, Pancasila bersumber dari ajaran semua agama yang ada di Indonesia sehingga ajaran ini harus dikembalikan lagi di dunia pendidikan formal.

"Sejak dilantik jadi anggota DPD kita sudah dorong dan semua ini ada proses aturan dan yang paling penting bagaimana Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang terus menjabarkan dalam kurikulum di Indonesia," ujarnya.

Sementara itu Direktur Sekolah Sukma Bangsa Sigi Nurhayati menambahkan sosialisasi ini dilaksanakan menjelang Hari Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus.

Sejumlah perwakilan dari pelajar SMP dan SMA di Kabupaten Sigi mengikuti sosialisasi sekaligus diskusi tentang empat pilar kebangsaan.

"Penting untuk pelajar SMP dan SMA untuk mengetahui pemaknaan dari empat pilar negara kita dalam hal ini Pancasila, Undang-Undang Dasar, NKRI dan Bhinneka Tinggal Ika," ujar Nurhayati.
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2022