Siapkan Masyarakat Tanggap Bencana, DSLNG Gelar Pelatihan Desa Tangguh Bencana

id Dslng-bpbd

Siapkan Masyarakat Tanggap Bencana, DSLNG Gelar Pelatihan Desa Tangguh Bencana

Peserta dari Satuan Tugas Desa Tangguh Bencana (Satgas Destana), Kelompok Kerja (Pokja) Destana, dan Pemerintah Desa Uso saat melakukan pelatihan sebagai bagian dari program pembangunan Desa Tangguh Bencana yang digelar di Pusat Belajar Masyarakat DSLNG di Desa Uso, Kecamatan Batui Kabupaten Banggai, Selasa (2/8/2022) dan Kamis(4/8/2022). FOTO Dokumentasi DSLNG.

Banggai (ANTARA) - PT Donggi-Senoro LNG (DSLNG) menggandeng Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banggai dalam melaksanakan Pelatihan Penanggulangan Bencana Banjir dan Tsunami.

Pelatihan ini merupakan bagian Program Pembangunan Desa Tangguh Bencana Desa Uso, Kecamatan Batui. Pelatihan dilaksanakan pada Selasa dan Kamis (2&4/8/2022), di Pusat Belajar Masyarakat DSLNG.

Peserta pelatihan terdiri dari Satuan Tugas Desa Tangguh Bencana (Satgas Destana), Kelompok Kerja (Pokja) Destana, dan Pemerintah Desa Uso.

Pelatihan ini merupakan salah satu dari beberapa rangkaian pelatihan kebencanaan yang terdiri dari kebakaran, gempa bumi, tsunami, pertolongan pertama, evakuasi, dan simulasi kebencanaan lainnya.

Program Destana ini merupakan salah satu bentuk sinergi antara dunia usaha, masyarakat, dan pemerintah, yang bertujuan untuk meningkatkan kesiapan masyarakat dalam memitigasi dan menanggulangi bencana.

Pelatihan ini juga menyiapkan serta mendukung Desa Uso, tempat di mana Kilang DSLNG berada, menjadi desa tangguh.

Desa Uso merupakan desa kedelapan dalam Pilot Tangguh Bencana di bawah pendampingan BPBD, dari 291 desa dan 46 kelurahan di Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah.