Wali Kota Palu Fokus Pengembangan Ekonomi Mikro

id umkm

Wali Kota Palu Fokus Pengembangan Ekonomi Mikro

Ilustrasi (antaranews)

Industri rumah tangga akan menjadi salah satu fokus pemerintah kota dalam mengembangkan ekonomi masyarakat kelas menengah ke bawah
Palu  (antarasulteng.com) - Wali Kota Palu Hidayat menyatakan akan berupaya lebih fokus menggenjot pengembangan usaha ekonomi mikro sebagai upaya peningkatan ekonomi masyarakat di daerah tersebut.

Ia mengatakan di Palu, Selasa, pengembangan ekonomi mikro itu akan dilakukan dengan model indstri rumah tangga yang difokuskan pada pengembangan usaha menengah dan kecil.

"Industri rumah tangga akan menjadi salah satu fokus pemerintah kota dalam mengembangkan ekonomi masyarakat kelas menengah ke bawah," ujarnya.

Ia menyebutkan pengembangan ekonomi mikro dimulai dari mengasah keterampilan masyarakat ekonomi kelas menengah ke bawah untuk menghasilkan barang yang bernilai ekonomis dan jasa-jasa.

Selain itu Pemkot Palu juga akan menyediakan dan membantu sarana prasarana yang dibutuhkan masyarakat dalam pengembangan usaha mikro di setiap kelurahan di kota tersebut.

Tidak hanya itu, kata dia, Pemkot Palu juga akan memberikan dana sekaligus menyiapkan pasar bagi masyarakat yang telah mampu mengembangkan usahanya.

"Banyak hal yang perlu dibenahi oleh Pemkot Palu yaitu mulai dari mengasah keterampilan, memberikan dana, serta menyediakan pasar bagi pelaku usaha mikro untuk pengembangannya," ujarnya.

Bahkan, kata wali kota, setiap investor yang ingin berinvestasi dan menanam saham di Kota Palu, wajib untuk membantu dan mengembangkan usaha mikro masyarakat menengah ke bawah.

Begitupula dengan investor yang akan berinvestasi di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Palu, harus membantu pengembangan usaha mikro milik masyarakat di setiap kelurahan di kota tersebut.

"Kita akan upayakan agar semua investor yang masuk berinvestasi di daerah tersebut, wajib untuk membantu pengembangan usaha mikro masyarakat menengah kebawah," urainya.